BERITA

Lho! Ada yang Bawa Kambing Saat Nyoblos Pilpres Turki

608
×

Lho! Ada yang Bawa Kambing Saat Nyoblos Pilpres Turki

Sebarkan artikel ini
Foto: Pilpres Turki (Reuters/Yves Herman)

ANKARA – Pemungutan suara di Pemilihan Presiden (Pilpres) Turki putaran kedua tengah berlangsung. Warga pun berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS).

Dilansir Aljazeera, Minggu (28/6/2023), seorang pemilih Turki telah tiba di tempat pemungutan suara di Istanbul untuk memberikan suaranya. Uniknya, perempuan itu datang dengan kambing putih yang membuntutinya.

Pengguna media sosial membagikan video pemilih dan dombanya yang berpakaian rapi di kotak suara.

Pemilih lain bahkan datang dengan ranjang rumah sakit ke tempat pemungutan suara. Pria lanjut usia (lansia) itu datang untuk memberikan suaranya dengan bantuan paramedis. Orang-orang yang berada di tempat tersebut pun langsung bertepuk tangan menyambutnya.

Erdogan Nyoblos di Istanbul, Kilicdaroglu di Ankara

Dua calon presiden Turki juga telah memberikan suaranya. Petahana, Presiden Recep Tayyip Erdogan memberikan suaranya di Istanbul. Sedangkan rivalnya, Kemal Kilicdaroglu memberikan suaranya di Ankara.

Hasil putaran kedua ini diharapkan lebih cepat dibandingkan dengan putaran pertama.

Ahmet Yener, Ketua Dewan Pemilihan Umum, menjelaskan dalam pernyataan di televisi bahwa penghitungan memakan waktu lebih lama pada 14 Mei karena pemungutan suara mencakup 24 partai yang mencalonkan diri sebagai parlemen dan empat calon presiden.

Larangan siaran untuk mengumumkan hasil kemungkinan akan dicabut sekitar pukul 18.30 waktu setempat (15:30 GMT).

Pemungutan Suara

Lebih dari 64 juta warga Turki berhak menggunakan hak suaranya di hampir 192.000 tempat pemungutan suara (TPS). Angka itu mencakup lebih dari 6 juta pemilih yang baru pertama kali ikut pilpres pada 14 Mei lalu. Sekitar 3,4 juta pemilih lainnya di luar negeri telah memberikan suaranya pada 20-24 Mei lalu.

TPS dibuka mulai pukul 08.00 waktu setempat dan ditutup pukul 17.00 waktu setempat pada 28 Mei. Penjualan alkohol dilarang saat pilpres berlangsung.

Jumlah pemilih dalam pemilu Turki tahun ini tergolong tinggi. Dengan pada 14 Mei lalu, jumlah pemilih secara keseluruhan mencapai 87,04 persen dari jumlah pemilih sah, dengan rincian 88,9 persen pemilih di wilayah Turki dan 49,4 persen pemilih di luar negeri.

Sumber: detik.com