EKONOMI

Hampir Terjebak Beli Bakso Rp 50 Ribu di Bioskop, Netizen Ini Beri Peringatan

611
×

Hampir Terjebak Beli Bakso Rp 50 Ribu di Bioskop, Netizen Ini Beri Peringatan

Sebarkan artikel ini
Foto: TikTok @suryakresnanda

JAKARTA – Seorang pria membagikan pengalaman serta peringatan ke netizen lain setelah hampir terjebak harga makanan di bioskop. Trik penjual membuatnya hampir rugi Rp 50 ribu!

Belakangan ini banyak pengunjung membagikan pengalaman buruk saat membeli makan di luar. Mereka kerap terkena jebakan harga akibat trik yang dilakukan oleh pelayan di gerai makan tersebut.

Terbaru, seorang pria membagikan pengalaman serupa. Melalui TikTok @suryakresnanda (09/06), pria bernama Surya mengungkap hampir terkena jebakan harga ketika membeli makan di bioskop.

Berbicara kepada detikFood (10/06), kejadian yang ia alami terjadi pada Kamis (08/06/2023) lalu, ketika Surya hendak menonton film Spiderman Across The Spiderverse di bioskop CGV Marvell City, Surabaya.

Sebelum menonton, Surya membeli beberapa camilan. Pesanan awalnya hanya popcorn dan Sprite saja. Lalu pegawai di bioskop itu menawarkan pilihan bakso yang dibahasakan seolah-olah ‘paket bonus’.

“Tadi saya beli popcorn trus ada Sprite. Lalu dibilang ini dapet bakso apa gitu kan. Yang dibahasakan seolah-olah bonus,” pungkasnya dalam video.

Namun begitu tagihan keluar, bakso yang ditawarkan seolah bonus itu rupanya dikenakan harga tambahan. Melihat total pesanannya, Surya mulai curiga. Lalu secara tegas ia bertanya ke pegawai makanan di bioskop.

“Begitu keluar harganya, saya tanya. ‘Mas-mas sebentar mas. Kalau saya ga pake baksonya jadi berapa?’. ‘Oiya pak saya hitung kembali’, dan bedanya hampir Rp 50 ribu loh.” pungkas Surya.

Meskipun dibahasakan seolah-olah menjadi bonus, tampaknya itu hanya trik semata. Karena setelah dikurangi pesanan bakso, tagihan milik Surya pun menjadi lebih murah Rp 50 ribu.

Kepada detikFood Surya mengungkap harga tagihan sebelumnya mencapai kurang lebih Rp 124.000. Kemudian setelah dikurangi tanpa bakso, harganya menjadi Rp 76.000 saja.

“Jadi dibahasakan seolah-olah bonus. Begitu kita bilang ‘kalau gak pake yang bonusnya itu berapa?’, ternyata harganya beda dan bisa sampai Rp 50 ribu,” lanjutnya.

Ini bukan pertama kali Surya mengalami jebakan harga ketika membeli makan di bioskop. Sebelumnya ia mengalami hal serupa ketika memesan popcorn dan beberapa makanan lain.

Surya bercerita pegawai bioskop menawarinya tempat minum dengan bahasa yang seolah-olah produknya gratis.

“Dulu pernah ngalamin waktu itu mau nonton film apa agak lupa. Saya beli popcorn segala macem dibilang gini, ‘Dapet tempat minum pak mau pilih yang mana?’, bahasanya gitu. Ya saya pilih dong. Begitu keluar struknya, tempat minum itu dihitung ada harganya.”, ucap Surya.

Surya mengungkap pegawai bioskop secara halus menawarkan pilihan tempat minum. Namun rupanya tempat minum itu berbayar dengan harga sekitar Rp 40 ribuan. Pada struk, tagihan tempat minum ini termasuk berbayar, bukan termasuk komponen yang dikenai diskon.

“Pas beli tiket, mbaknya cuma bilang, “Bapak dapet tempat minum, boleh pilih mau yang ini atau yang itu.” Jadi prinsipnya, ya saya statusnya beli, tanpa tahu aslinya saya membeli.”, ujar Surya kepada detikFood.

Bagi sebagian orang, kejadian seperti ini bisa sangat merugikan. Surya dari awal sudah memberi peringatan kepada netizen lain agar berhati-hati ketika memesan makanan di sebuah gerai.

Surya mengungkap, “Teman teman jangan mau kalau di kasir ditawari sesuatu yang temen temen nggak pesan dan dibahasakan sebagai bonus. Nah itu hati-hati.”

“Kalau di bioskop CGV misalnya ditawari barang yang temen-temen gak pesan dengan bahasa yang seakan-akan bonus, tolong dicek. Ya itu pemberitahuan dari saya, semoga temen-teman bisa lebih teliti juga dan tidak kena membayar barang yang teman-teman butuhkan.” pungkas Surya di akhir video.

Video viral yang telah ditonton lebih dari 304 ribu orang ini mendapat tanggapan beragam dari netizen. Banyak netizen ternyata pernah mengalami hal serupa.

Seperti netizen ini yang berkomentar, “AKU JUGA NGALAMIN.. waktu itu beli popcorn dan minum, dan dia bilang dpt bonus snack kek kentang sama nugget atau pentol gitu. trs wkt liat struk ternyata hampir Rp 50 ribu juga.”

Jebakan harga ini bukan hanya terjadi di CGV saja, melainkan banyak gerai makan yang menggunakan trik serupa. Oleh karena itu, pastikan untuk teliti dan mengabaikan tawaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Sumber: detik.com