BERITA

Genjot Kendaraan Listrik, RI Jaring Produsen Mobil dari China

606
×

Genjot Kendaraan Listrik, RI Jaring Produsen Mobil dari China

Sebarkan artikel ini
Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi markas produsen mobil listrik BYD di China.Foto: Dok. Kemenko Kemaritiman dan Investasi

JAKARTA – Perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi memperkenalkan potensi pasar Indonesia di industri kendaraan listrik ke sejumlah negara. Salah satunya China.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Rachmat Kaimuddin mengatakan kunjungan ke China salah satunya mengunjungi pabrik otomotif. Dalam kunjungan itu pemerintah tentunya mempromosikan potensi kendaraan listrik di pasar Indonesia.

“Jadi, kunjungan ke beberapa pabrik otomotif kita diskusi, mereka sudah tahu tentang potensi pasar Indonesia,” kata Rachmat dalam media briefing di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023).

Pemerintah Indonesia juga berharap ada kesepakatan atau manfaat lebih dari kerja sama yang sudah terjalin, salah satunya dengan Wuling.

“Dari China apakah kita sudah mendapatkan manfaatnya? Wuling sudah, bisa lebih? Itu tujuan kita,” tuturnya.

Menurut Rahmat, keinginan pemerintah untuk mendorong industri kendaraan listrik telah disambut baik oleh China. Sementara adanya kesepakatan kerja sama dengan produsen mobil listrik China, Build Your Dream (BYD), Rahmat belum bisa menerangkan secara detail.

“Isu release dengan MoU BYD karena adanya Non Disclosure Agreement (NDA), jadi saya sampaikan di sini. Kita doain aja,” jelasnya.

Sumber: detik.com