TRAVEL

Kapal Selam Milik Angkatan Laut AS Tiba di Korsel, Ada Apa?

645
×

Kapal Selam Milik Angkatan Laut AS Tiba di Korsel, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Kapal selam bertenaga nuklir AS, USS Michigan, berlabuh di Busan, Korsel (Yonhap via REUTERS)

BUSAN – Militer Korsel mengumumkan pada Jumat (16/6) waktu setempat bahwa kapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut AS itu telah tiba di Busan. Ini menjadi momen pertama dalam enam tahun terakhir bagi kapal selam AS berkunjung ke pelabuhan Korsel.

Kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat (AS) telah tiba di sebuah pelabuhan di kota Busan, Korea Selatan (Korsel). Apa yang akan dilakukan kapal selam AS itu di Korsel?, Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Jumat (16/6/2023),

Kapal selam bernama USS Michigan itu diklasifikasikan sebagai ‘SSGN’ oleh Angkatan Laut AS, yang mengindikasikan jenis kapal selam yang dilengkapi rudal jelajah. Militer Korsel menyebut USS Michigan sebagai salah satu kapal selam terbesar di dunia.

Kapal selam yang dilengkapi rudal jelajah kelas Ohio itu, sebut militer Korsel, mampu membawa sekitar 150 rudal Tomahawk, dengan jangkauan hingga 2.500 kilometer dan mampu meluncurkan misi pasukan khusus.

Kapal selam AS itu tiba di Korsel setelah Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal jarak pendek di lepas pantai timurnya pada Kamis (15/6) waktu setempat. Bulan lalu, Pyongyang juga gagal meluncurkan satelit mata-mata militer ke orbit di luar angkasa.

Kehadiran kapal selam AS itu, menurut sejumlah pejabat Seoul, merupakan bagian dari perjanjian bilateral baru-baru ini untuk meningkatkan ‘visibilitas reguler’ dari aset-aset strategis AS ke Semenanjung Korea, dalam merespons program nuklir Korut yang semakin berkembang.

Dengan kedatangan USS Michigan, menurut Kementerian Pertahanan Korsel, Angkatan Laut AS dan Korsel akan menggelar latihan untuk meningkatkan kemampuan operasi khusus dan kemampuan bersama dalam mengatasi ancaman nuklir Korut yang semakin meningkat.

Otoritas Korsel tidak menyebut lebih lanjut soal berapa lama USS Michigan akan berada di perairan Busan.

Pada April lalu, Presiden Yoon Suk Yeol dan Presiden Joe Biden bertemu di Washington dan sepakat untuk ‘semakin meningkatkan visibilitas rutin aset-aset strategis’ di Semenanjung Korea.

Kedua pemimpin juga menyepakati bahwa kapal-kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir (SSBN) milik Angkatan Laut AS akan mengunjungi Korsel untuk pertama kalinya sejak tahun 1980-an, untuk membantu menunjukkan tekad Washington dalam melindungi sekutunya itu dari serangan Korut.

Belum diketahui secara pasti jadwal kunjungan untuk kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir AS ke Korsel, Demikian dikutip dari detiknews.***

Editor: Redaksi