BERITA

Kadiskominfotiksan Dumai Paparkan Renja Terkait Smart City dalam Forum Perangkat Daerah 2024

127
×

Kadiskominfotiksan Dumai Paparkan Renja Terkait Smart City dalam Forum Perangkat Daerah 2024

Sebarkan artikel ini
Foto: Kadiskominfotiksan Dumai Paparkan Renja Terkait Smart City dalam Forum Perangkat Daerah 2024 dok diskominfo

DUMAI – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Dumai, Drs. H. Khairil Adli menyampaikan paparan Rencana Kerja (Renja) Diskominfotiksan Tahun 2025.

Paparan tersebut disampaikannya dalam Forum Perangkat Daerah Tahun 2024 yang ditaja Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai, bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Rabu (28/2).

Sebagai informasi, Bappeda Kota Dumai mengundang OPD dilingkungan Pemko Dumai serta Mitra Pembangunan guna menghasilkan beberapa output penting, antara lain berita acara kesepakatan, rumusan rencana program/kegiatan Bappeda untuk tahun 2025, serta program/kegiatan yang melibatkan kerjasama lintas perangkat daerah.

Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan merupakan salah satu tahapan perencanaan pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Dalam keterangannya, Khairil Adli mengungkapkan bahwa esensi output dari forum ini ialah kesepakatan antara pemangku kepentingan dengan Kepala Perangkat Daerah dalam penajaman program dan kegiatan Diskominfotiksan Kota Dumai yang tertuang dalam berita acara kesepakatan forum untuk perumusan rancangan akhir dan penetapan Renstra dan Renja Perangkat Daerah.

“Melalui forum perangkat daerah ini, mari bersama kita mendukung pembangunan, baik pembangunan fisik dalam bentuk infrastruktur termasuk jaringan untuk mendukung smart city, smart government, dan transformasi digital untuk mewujudkan Dumai Kota Idaman,” ucap Kadiskominfotiksan dihadapan peserta rapat yang hadir.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan Smart City perlu didukung oleh 2 pilar yang menjadi 1 kesatuan, yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal E-Government serta Satu Data.

“Kita berharap kedua pilar tersebut dapat bergerak bersama menuju Kota Dumai yang Smart City”, Jelasnya.

Turut hadir mendampingi paparan Kepala Dinas, Sekretaris Diskominfotiksan Dumai, Ali Ibnu Amar, serta Kabid Statistik dan Persandian, Maysarah. Paparan pada kesempatan ini dipandu oleh Kabid Kabid Infrastruktur & Kewilayahan Bappeda Kota Dumai, Insani Taqwa Saili.(diskominfo)