BERITA

Kadis Kominfotiks Rohil Lolos Uji Kompetensi ICT Project Manager

342
×

Kadis Kominfotiks Rohil Lolos Uji Kompetensi ICT Project Manager

Sebarkan artikel ini

ROHIL – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kadiskominfiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Indra Gunawan SE MH telah diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setelah lolos mengikuti uji kompetensi Information and Communication Technology (ICT) Project Manager.

Hal tersebut diungkapkan Kadiskominfotiks Rohil Indra Gunawan SE MH saat berbincang dengan awak media di ruang kerjanya, Senin (12/6/2023).

“Alhamdulillah saya telah lolos mengikuti uji kompetensi ICT Project Manager dan telah di akui BNSP, ” kata Indra, dilansir seriau.

Uji kompetensi itu sendiri, dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 10 Juni 2023 yang lalu di Hotel Beverly, Batam Kepulauan Riau.

Dimana, uji kompetensi dan bimbingan teknis itu diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Digital TIK bersama BNSP.

“Ada sebanyak 31 skema sertifikasi TIK yang diuji dan diikuti berbagai OPD se-Kabupaten Rohil,” terang Indra.

Sehingga, Indra berharap kedepan berbagai kompetensi yang telah memiliki legalitas dari BNSP ini dapat mempercepat transformasi digital di kabupaten Rokan Hilir dan membawa Rohil kearah yang lebih maju khususnya di bidang digital sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Rohil.

ICT sendiri kata Indra, adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dan menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Umumnya, ICT mencakup komputer, internet, telepon, televisi, radio, dan peralatan audiovisual lainnya.

Dimana, ICT meliputi dua aspek, yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sementara teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lain.

“Pada dasarnya, ICT memiliki fungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia melalui implementasi teknologi dan sistem informasi,” paparnya.

Adapun beberapa tujuan penggunaan ICT tambah Indra, di antaranya peningkatan kualitas produk dan layanan. Dalam dunia pembelajaran, ICT dapat mempercepat dan mengefektifkan proses belajar mengajar, meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kualitas serta produktifitas SDM.

“Karena memiliki banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia, kini ICT telah banyak diterapkan di berbagai bidang. Veberapa bidang yang telah menerapkannya, antara lain manajemen data, desktop publishing, manajemen Media sosial, penelitian dan lainnya, ” pungkasnya. (fds)