POLITIK

Gubri Sebut Riau Sudah Siap Laksanakan Pemilu Serentak 2024 Mendatang

617
×

Gubri Sebut Riau Sudah Siap Laksanakan Pemilu Serentak 2024 Mendatang

Sebarkan artikel ini
Gubernur Riau, Syamsuar menerima penghargaan kampus di Yogyakarta (foto/int)

PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyatakan bahwa Provinsi (Pemprov) Riau sudah siap untuk melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Syamsuar usai pertemuan bersama Tim Komisi II DPR RI dalam rangka reses pada masa persidangan V tahun sidang 2022-2023 ke Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit.

“Terkait Pemilu kami tentunya sudah siap dan sudah melakukan persiapan untuk itu,” kata Gubri Syamsuar saat diwawancarai, Selasa (18/7/2023).

Ia menjelaskan bahwa untuk persiapan Pemilu 2024 sudah dilaksanakan rapat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau maupun Kabupaten/Kota, termasuk tim Pemerintah Daerah.

“Saat rapat kita tidak hanya membahas Pemilu 2024, namun juga yang berkaitan dengan pembiayaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ujarnya.

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan bahwa untuk Pemilu sendiri sudah ada dana yang disiapkan oleh pusat, namun untuk Pilkada serentak tentunya Pemda juga harus mempersiapkan anggaran agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar.

“Terkait anggaran ini saya sudah sampaikan agar tidak terjadi timpang tindih terkait pembiayaan. Jangan sampai nanti terjadi Kabupaten membiayai, provinsi juga membiayai,” imbuhnya

“Jadi ini perlu kehati-hatian, agar nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah dan KPU telah sepakat untuk pelaksanaan Pemilu dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, sedangkan Pilkada dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Sumber : Media Center Riau