TEKNOLOGI

Diskominfotiksan Dumai Pasang Hotspot Wifi Gratis di Beberapa Titik, ini Lokasinya

416
×

Diskominfotiksan Dumai Pasang Hotspot Wifi Gratis di Beberapa Titik, ini Lokasinya

Sebarkan artikel ini
Foto: Diskominfotiksan Dumai Pasang Hotspot Wifi Gratis di Beberapa Titik, ini Lokasinya (dok diskominfo)

DUMAI – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) memasang hotspot di beberapa titik WiFi gratis.

Pemasangan hotspot WiFi ini turut bekerjasama dengan provider seperti PT Telkom dan PT Fastlink koneksi Indonesia, dalam mendukung percepatan Smart City.

Sejalan dengan rencana program Smart City Pemerintah Kota Dumai dibawah arahan Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS untuk memberikan akses internet gratis di beberapa wilayah Kota Dumai.

Beberapa titik ini seperti Taman Bukit Gelanggang, Kampoeng Kuliner, Dumai Islamic Center, Pusat Kuliner Jaya Mukti dan beberapa lokasi lainnya yang menjadi pusat WiFi gratis untuk melayani kebutuhan masyarakat Dumai.

Direncanakan pemasangan hotspot WiFi ini turut menjangkau seluruh Kelurahan dan Kecamatan sebagai titik utamanya.

“Rencana nya Wifi Gratis Dumai ini akan di sebarluaskan sampai ke 7 Kecamatan dan 36 Kelurahan” ujar H. Paisal.

H. Paisal melanjutkan, pemasangan titik WIFI gratis ini juga untuk menunjang penerapan transaksi Nontunai menggunakan QRIS dan beberapa Aplikasi digital lainnya.

“Kedepannya transaksi nontunai menggunakan QRIS akan di dorong penerapannya pada lokasi UMKM Digital dan di pasar tradisional” Imbuh Wali Kota Dumai.

“Kita ingin masyarakat Kota Dumai menggunakkan WiFi ini dengan baik dan kepentingan yang positif. Jangan digunakan untuk hal yang tidak perlu dan merugikan diri sendiri. Kita pastinya akan mengawasi agar pengunaan WiFi ini dapat berjalan dengan baik” tambah H. Paisal ketika diwawancarai oleh tim peliput Kominfo.

Ka. Diskominfotiksan Kota Dumai Drs. H. Khairil Adli, M.Si mengaku bahwa nantinya berbagai titik hotspot ini dapat dinikmati masyarakat Kota Dumai untuk belajar maupun kebutuhan positif lainnya.

“Wifi gratis ini untuk menunjang kegiatan masyarakat kota Dumai untuk Browsing mencari informasi dan lain-lain, WIFI gratis juga dibutuhkan masyarakat terlebih di era serba digital saat ini” ujar H.Khairil Adli.

Menurut nya, melalui WIFI gratis Masyarakat akan lebih mudah untuk produktif, baik usaha, bekerja dan kebutuhan pendidikan.

“Semua masyarakat bisa menggunakan fasilitas ini. UMKM bisa memasarkan produknya lewat Online, anak-anak sekolah bisa memanfaatkan (WiFi) untuk belajar dan lainnya,” ungkap Kadis Diskominfotiksan

Selain itu, Ka. Diskominfotiksan turut menyampaikan bahwa saat ini kecepatan WiFi mencapai 100 Mbps dan nantinya setelah beroperasi penuh akan disesuaikan. Namun, per orangnya akan dibatasi penggunaan selama 4-8 jam per hari, agar semua masyarakat dapat menikmati WiFi gratis yang tersedia ini.(diskominfo)