BERITA

Targetkan 77, Donor Darah PWI Riau Kumpulkan 117 Kantong

635
×

Targetkan 77, Donor Darah PWI Riau Kumpulkan 117 Kantong

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau kembali menggelar donor darah. Bakti sosial ini digelar di Gedung PWI Riau, Pekanbaru, Senin (30/1/2023). Sebanyak 117 kantong darah berhasil dikumpulkan sejak pagi hingga siang ini.

“Donor darah ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh PWI Riau setiap tahunnya untuk memperingati HPN (Hari Pers Nasional) dan Hari Ulang Tahun ke-77 PWI. Ini sudah yang keenam kalinya sepanjang saya memimpin PWI Riau,” kata Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, Senin (30/1/2023).

Sesuai dengan usia PWI, Zulmansyah mengatakan bahwa kegiatan yang digelar hari ini ditargetkan dapat mengumpulkan 77 kantong darah. Namun setelah kegiatan berlangsung hingga pukul 14.00 WIB, sebanyak 117 kantong darah sudah terkumpul.

“Hari ini kita menargetkan 77 kantong darah. Sesuai dengan hari ulang tahun PWI. Biasanya selalu over target,” ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut mendapat respon positif dari berbagai pihak. Ini terlihat dengan banyaknya wartawan, mitra PWI Riau, dan juga masyarakat yang ikut serta mendonorkan darahnya.

“Kita juga berterimakasih kepada teman-teman mitra PWI Riau yang juga berkontribusi mengirimkan karyawan dan anggota mereka untuk ikut donor darah,” ujarnya.

“Banyak sekali dukungan yang diberikan mitra PWI, antara lain SKK Migas Sumatera Bagian Utara dan K3S yang berhimpun di dalamnya. Ada juga dukungan dari mitra kita, yakni TNI, Polri dan lainnya yang turun mengirimkan anggotanya untuk ikut serta mendonorkan darahnya. Mudah-mudahan kerja sama ini tetap berlanjut di masa-masa yang akan datang,” sebut Zulmansyah.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Zulmansyah, juga didukung sejumlah rumah sakit, seperti Eka Hospital, Awal Bros dan Aulia yang menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Berkali-kali disampaikan bahwa setetes darah ini bisa menyelamatkan nyawa manusia. Karena itu kita mengharapkan semua darah-darah wartawan dan mitra yang menyumbangkan darahnya bisa menolong masyarakat, khususnya di Riau. Kita berharap kontribusi yang kecil ini bisa memberi manfaat untuk semua,” tutupnya sembari mengungkapkan bahwa ada doorprize yang disediakan bagi anggota PWI yang ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Sementara itu, Koordinator Donor Darah PWI Riau, Budy Satria menambahkan, dalam kegiatan donor darah menyediakan Terapis RTS (Reposisi Tulang dan Sendi).

Untuk terapi dan refleksi ini, PWI Riau mendapat dukungan penuh dari praktisi terapis yang bisa menyembuhkan beberapa gangguan. Seperti saraf terjepit, kolesterol, jantung, darah tinggi, mata kabur, dan lainnya.

“Selain kehadiran terapis, PWI riau juga akan menghadirkan pemeriksaan kesehatan gratis dari beberapa rumah sakit yang ikut berpartisipasi dalam baksos donor darah kali ini,” kata Budy. (rls)