POLITIK

Ketua Bawaslu Dumai Agustri: Komitmen Pemilu Damai, Aman dan Tertib

673
×

Ketua Bawaslu Dumai Agustri: Komitmen Pemilu Damai, Aman dan Tertib

Sebarkan artikel ini
Foto: Es

DUMAI – Deklarasi Pemilu Damai 2024 telah disepakati semua stakeholder berkepentingan, mulai dari 15 Parpol Kota Dumai peserta pemilu, Walikota, Polri-TNI, KPUD, Bawaslu, KPUD, lurah se-kota Dumai, tokoh masyarakat dan unsur lainnya, Kamis (21/9/2023) siang di Pendopo Sri Bunga Tanjung.

Usai deklarasi, Ketua Bawaslu Dumai Agustri, S.H.I, M.E.Sy., kepada Jurnalis katakan, bahwa deklarasi damai merupakan jaminan dan komitmen semua unsur untuk mensukseskan pemilu 2024 yang kondusif.

“Pada pemilu 2024 nanti, yang dipilih adalah parpol, perorangan serta pasangan Presiden dan Wakilnya,” terang Agustri didampingi Koordinator Divisi Pengawasan Pemilu Yossi Rinaldi, di kantor Bawaslu Dumai.

Diterangkannya, masa kampanye dimulai 29 November 2023 hingga 10 February 2024. Terkait isu-isu liar, Agustri persilahkan semua pihak bertanya langsung ke Bawaslu atau contact center. “Disini ada Bagian Informasi Publik,” cakapnya lagi.

Agustri menghimbau agar warga masyarakat memastikan diri masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga haknya dalam menentukan perwakilan politik nya tersalurkan. “Kalau misalnya nanti namanya tidak terdaftar DPT secepatnya lapor ke Bawaslu. Kita masukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Bagi pendatang yang miliki hak pilih, kita masukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB). Nantinya mereka memilih di jam 12.00 sampai jam 01.00 WIB siang,” tambah Agustri.

“Jelang masa kampanye, kami menghimbau parpol agar mengawasi bacaleg nya. Jangan melempar isu yang berpotensi memecah persatuan kesatuan bangsa,” ungkap Agustri. Ia pun minta setiap parpol dan bacaleg jaga diri dalam keluarkan statement, baik di medsos maupun media mainstream.

“Terkait isu adanya wajah anggota DPRD Dumai yang terpampang di salah satu proyek berlogo pemko dan wajah Walikota Dumai di Jl Abdul Rab Khan Bukit Timah, kami sudah konsultasi ke Bawaslu Riau. Hasilnya, belum ditemukan pelanggaran, cuma secara etika tidak elok hal seperti itu dilakukan, jika si orang tersebut berniat ingin maju lagi sebagai caleg DPRD Dumai,” ujar Agustri.

“Komitmen kita adalah Pemilu yang aman, damai dan tertib,” pungkas Agustri.(Es)