BERITA

Heboh Renovasi JIS, Ini Beda Rumput Stadion Standar FIFA dan Rumput Taman

725
×

Heboh Renovasi JIS, Ini Beda Rumput Stadion Standar FIFA dan Rumput Taman

Sebarkan artikel ini
Rumput JIS/Foto: Pradita Utama

JAKARTA – Rumput memang menjadi salah satu elemen penting yang tak terpisahkan dalam sebuah stadion sepakbola.

Dikutip dari detikproperti, Jenis rumputnya pun terbilang khusus, tak sama dengan sembarang rumput biasa yang sering dijumpai pada hunian atau taman.

Rumput di Jakarta International Stadium (JIS) menjadi sorotan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono karena disebut tak sesuai standar FIFA.

Lantas apa saja jenis rumput standar FIFA?

Mengutip detik, lapangan JIS menggunakan rumput hybrid yang merupakan perpaduan antara rumput sintetis dan rumput jenis zoysia matrella asal Boyolali, Jawa Tengah.

Rumput ini umum digunakan untuk lapangan sepakbola.

Sementara itu, berdasarkan dokumen FIFA Quality Programme For Football Turf, ada beberapa jenis rumput yang sesuai standar, berikut daftarnya:

1. Rumput alami (natural turf)

Rumput jenis ini adalah rumput yang tidak mengandung material lain seperti bahan sintetis. Permukaannya terbilang kuat karena memiliki akar yang mencengkeram tanah.

2. Hybrid alami

Rumput ini paling umum digunakan yang merujuk pada penggunaan istilah rumput hybrid. Permukaan rumput ini terbuat dari rumput alami yang tumbuh di dalam dasar serat sintetis. Serat sintetis terlihat tetapi biasanya berada di bawah 5% dari total tutupan rumput

3. Hybrid sintetis

Ini adalah karpet rumput buatan yang dilengkapi dengan pasir tetapi dapat menggunakan bahan organik. Kategori ini dianggap sebagai rumput sintetis itu pada dasarnya membutuhkan pemeliharaan lapangan rumput buatan.

4. Sintetis

Rumput sintetis adalah rumput yang seluruhnya buatan manusia dan menggunakan bahan buatan. Biasannya, rumput ini dilengkapi dengan isian biji karet yang elastis.

Lantas, bagaimana dengan jenis rumput di rumah?

Taman di rumah juga akan semakin asri dan nyaman bila ditanami rumput. Apa saja jenisnya? Ini daftarnya

1. Rumput Ganila
2. Rumput Gajah
3. Rumput Centipede
4. Rumput Jepang
5. Rumput Centipede
6. Rumput Peking
7. Rumput Kucai Mini

Editor: Redaksi