TRAVEL

Pantai Kelingking Bali akan Dipasangi Lift Kaca Setinggi 182 Meter

1177
×

Pantai Kelingking Bali akan Dipasangi Lift Kaca Setinggi 182 Meter

Sebarkan artikel ini
Nusapenida (Foto: I Putu Budikrista Artawan/detikBali)

JAKARTA – Objek wisata Kelingking Beach di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Klungkung, Bali, akan pasangi lift kaca outdoor setinggi 182 meter.

Dilansir dari detikTravel Minggu (09/07/2023) Lift outdoor sebelumnya sudah ada di bukit di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie, Hunan, China atau sering disebut sebagai Gunung Avatar.

Pantai Kelingking Bali yang mendunia akan memiliki wajah baru. Traveler yang turun ke bawah tak perlu bersusah payah karena akan dibangun lift.

Bedanya, di Kelingking Beach, lift yang dipasang dibukit langsung turun ke pantai berpasir putih kemerahan ini. Investor asing pembuat lift di Kelingking Beach adalah orang yang sama pembuat lift di Gunung Avatar.

Dengan lift yang akan disebut Glass Viewing Platform tersebut, wisatawan tidak perlu lagi berjalan kaki menuruni tebing curam untuk dapat mencapai pesisir Kelingking Beach. Bahkan, proyek pembangunan lift kaca itu sudah dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama.Jumat (7/7/2023).

Proyek lift kaca merupakan proyek kerja sama antara investor Tiongkok, PT BNP (Bina Nusa Properti) sebagai pemegang kuasa, dan Banjar Adat Karang Dawa, di Desa Bungamekar.

Direktur PT BNP Komang Suantara mengatakan nilai investasi dari pembangunan lift kaca itu sekitar Rp 200 miliar.

“Salah satu potensi Nusa Penida kami gali, dan sekarang akhirnya akan ada lift turun ke Pantai Kelingking. Itu proses tidak mudah,” ujar Komang Suantara kepada detikBali, Sabtu (8/7)

Dengan pengembangan tersebut, ia berharap pariwisata khususnya Nusa Penida dapat kian berkembang seperti halnya Badung. “Lift ini pembangunannya sekitar satu tahun. Nanti jika wisatawan ke Bali, wajib mengunjungi Nusa Penida,” jelas Komang Suantara.

Nantinya lift kaca tersebut dibangun setinggi sekitar 182 meter, dan jembatan 64 meter. Di setiap ketinggian 20 meter akan dibangun spot foto.

Ditargetkan lift kaca ini rampung dalam kurun waktu sekitar satu tahun. “Setidaknya 2024 sudah bisa dimanfaatkan,” ujarnya.***

Editor: Redaksi