TRAVEL

Menjelajahi Titik Terdalam di Bumi, Palung Mariana

1355
×

Menjelajahi Titik Terdalam di Bumi, Palung Mariana

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Titik terdalam yang ada di Bumi adalah Palung Mariana, Kedalaman palung yang berada di Samudra Pasifik tersebut bisa mencapai 11.034 meter.

Dikutip dari detik.com, Palung Mariana bisa menenggelamkan Gunung Everest yang merupakan titik tertinggi di Bumi (8,8 ribu meter).

Apa yang ada di dalam sana belum terjawab sepenuhnya. Hingga saat ini, belum ada ekspedisi yang bisa menjelajahi kedalaman Mariana seutuhnya, sebab belum ada teknologi yang bisa menghalau tekanan air yang sangat besar dan membuat manusia bisa berlama-lama di sana.

Palung Mariana, disebut juga Challenger Deep, berasal dari nama kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Challenger yang berpartisipasi dalam penemuan jurang tersebut pada tahun 1875. Saat itu, Challenger membawa misi yang bertujuan untuk melakukan eksplorasi oseanografi pertama dari karakteristik palung semacam ini. Untuk diketahui, tekanan di dalam palung sekitar seribu kali lebih tinggi daripada di permukaan laut.

Pengukuran Palung Mariana untuk pertama kalinya memecahkan rekor oleh Inggris, yakni hingga 8.148 meter.

Namun pengukuran berturut-turut yang dilakukan oleh kru lain, seperti yang dilakukan oleh Batiskaf Trieste (desain dan konstruksi dari Swiss dan Italia) dengan Jacques Piccard sebagai kapten, menentukan bahwa kedalamannya adalah 11.034 meter.

Temuan angka kedalaman ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibuat di abad ke-19.

Pada abad ini, seperti dikutip dari As.com, dua misi terakhir dilakukan pada tahun 2009 dengan Nereus, kendaraan bawah laut otonom hibrida tak berawak yang dibangun oleh Woods Hole Oceanographic Institution, dan pada tahun 2012 sutradara film Titanic James Cameron turun ke kedalaman sebelas ribu meter.

Ia menjadi manusia pertama yang mencapai Palung Mariana dengan kendaraan yang diawaki oleh satu orang.

Rekor lain dicapai oleh seorang insinyur penerbangan asal Spanyol Héctor Salvador. Ia menjadi orang Spanyol pertama yang turun ke tempat terdalam di planet ini.

Secara spesifik, dia turun ke area Sirena Deep di Palung Mariana menggunakan kapal selam DSV Limiting Factor, yang dia sendiri terlibat dalam mendesainnya. Titik ini terletak di kedalaman 10.706 meter.***

Editor: Redaksi