EKONOMI

Antisipasi Inflasi Harga Pangan Jelang Idul Fitri, DKPP Rapat Persiapan GPM Kota Dumai 2024

332
×

Antisipasi Inflasi Harga Pangan Jelang Idul Fitri, DKPP Rapat Persiapan GPM Kota Dumai 2024

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Inflasi Harga Pangan Jelang Idul Fitri, DKPP Rapat Persiapan GPM Kota Dumai 2024 dok mcd

DUMAI – Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Dumai Kota Idaman, pagi ini, Senin (25/03/2024) dilaksanakan rapat persiapan, bertempat di ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai yang dipimpin Kepala Dinas DKPP, Mukhlis Suzantri.

Rapat diikuti oleh perwakilan dari sejumlah OPD dan instansi terkait, antara lain DKPP, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi UKM dan Perindutrian, Dinas Perikanan, Dinas Kominfo Statistik Dan Persandian, Camat Dumai Selatan, Bulog dan pihak lainnya.

Gerakan pangan murah yang difasilitasi oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) ini akan berlangsung di sejumlah wilayah di tanah air.

Gerakan ini dilaksanakan guna mengantisipasi inflasi harga pangan yang biasanya terjadi jelang hari besar keagamaan sekaligus menjaga daya beli masyarakat serta menjamin akses masyarakat terhadap komoditi pangan.

Kepala DKPP Dumai Mukhlis mengungkapkan bahwa nantinya, GPM di Kota Dumai akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 28 Maret 2024.

“Pasar pangan murah akan digelar di tanah lapang milik bapak H. Khalid yang berlokasi di Jalan Abdul Rab Khan, RT. 12 (dekat SMK Taruna), Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kamis ini. Kami bersama pihak terkait akan menyediakan sejumlah komoditi pangan dengan harga murah terjangkau, seperti beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai dan juga komoditi lokal Dumai,” ujarnya.

Lebih lanjut diterangkannya bahwa, permintaan konsumen terhadap sembako di bulan suci Ramadan mengalami peningkatan, sehingga mendorong terjadinya kenaikan harga pasar.

“Mencermati terjadinya hal ini, maka kita mencoba melakukan intervensi dengan melakukan gerakan pangan murah dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan agar bisa mengakses atau membeli sembako yang murah,” tutur Mukhlis.

Agar GPM berlangsung lebih semarak, Mukhlis mengatakan bahwa DKPP telah menyurati pihak perusahaan-perusahaan terkait seperti Wilmar, Indofood, dan perusahaan lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam menyediakan produk dengan harga terendah pada pelaksanaan Pasar Murah di Kota Dumai.

“Tinggal action saja. Insyaallah, Pemerintah Kota Dumai melalui DKPP dan OPD terkait akan mempersiapkan gerakan pangan murah ini dengan sebaik-baiknya sesuai pesan dan harapan dari Wali Kota Dumai, Bapak H. Paisal. Mohon doa dan supportnya agar kegiatan ini bisa berjalan sukses sehingga dapat terus berlanjut,” pungkasnya.(mcd)