GAYA HIDUP

7 Buah Terlarang Untuk Penderita Diabetes Karena Gula Tinggi

898
×

7 Buah Terlarang Untuk Penderita Diabetes Karena Gula Tinggi

Sebarkan artikel ini
kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/Enez Selvi

JAKARTA – Buah sejatinya aman dikonsumsi siapapun karena mengandung gula alami yang bermanfaat untuk tubuh.

Namun beberapa buah berisiko meningkatkan kadar gula darah secara cepat sehingga berbahaya untuk penderita diabetes.

Dikutip dari detikfood, Penderita diabetes penting memperhatikan asupan makanannya agar kadar gula darah tak melonjak.

Hindari konsumsi buah tinggi gula berikut supaya tidak memunculkan efek samping.

Diabetes sendiri adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah di atas batas normal, sehingga tubuhnya tidak bisa memanfaatkan glukosa sebagai sumber energi.

Berikut ini daftar buah yang tidak boleh dimakan penderita diabetes dilansir dari berbagai sumber;

1. Pisang matang

Buah pisang matang dan rasanya legit manis rata-rata mengandung karbohidrat yang sama dengan dua porsi buah lainnya.

Penderita diabetes disarankan hanya mengonsumsi setengah buah pisang dalam satu waktu untuk menjaga gula darah tetap stabil.

2. Nanas

Nanas memiliki kadar indeks glikemik tinggi. Semakin tebal dan lebar buah nanas, maka semakin banyak karbohidrat di dalamnya.

Cara aman mengonsumsi nanas untuk penderita diabetes sebaiknya pilih jenis nanas muda, tapi hanya boleh makan sedikit atau dipadukan dengan makanan lain kaya protein.

3. Mangga matang

Satu buah mangga utuh yang sudah matang dan manis biasanya mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula.

Sementara pada mangga matang dengan tekstur lunak, indeks glikemik di dalamnya bisa lebih tinggi dan otomatis meningkatkan laju gula darah.

4. Kurma kering

Kurma adalah buah yang punya banyak manfaat. Namun, penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kurma kering karena kadar gula dan karbohidratnya yang cenderung tinggi.

Per 24 gram kurma medjool misalnya, rata-rata mengandung 67 kalori dan 18 gram karbohidrat. Di dalamnya memuat sumber fruktosa alami, yaitu jenis gula yang ditemukan pada buah.

5. Buah kering

Mengutip Sugar Fit, kandungan gula cranberry hanya 4 gram per cangkir. Namun, setelah dikeringkan dan dimaniskan, buah kering seperti cranberry dan kismis bukan lagi pilihan yang sehat bagi penderita diabetes.

6. Anggur

Satu buah anggur mengandung 1 gram karbohidrat. Jika mengonsumsi 15 buah anggur, artinya Anda mendapatkan 15 gram karbohidrat.

Anda tetap boleh mengonsumsi anggur karena kaya antioksidan polifenol. Untuk penderita diabetes, sebaiknya membatasi asupan anggur lebih sedikit agar gula darah tetap terjaga.

7. Buah kalengan

Buah yang bahaya untuk diabetes yaitu buah-buahan kalengan dan diawetkan. Meski praktis dikonsumsi, buah tersebut sangat tinggi gula tambahan.

Selain berisiko memperparah diabetes, gula tambahan juga bisa memicu obesitas, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung.***

Editor: Redaksi