BERITA

Usai Viral Penumpang Buka Pintu Pesawat, Kemenhub Tegur Keras Batik Air

1075
×

Usai Viral Penumpang Buka Pintu Pesawat, Kemenhub Tegur Keras Batik Air

Sebarkan artikel ini
Foto: Ilustrasi Kompas.id

JAKARTA – Batik Air mendapatkan teguran keras dari pemerintah karena dinilai menyengsarakan penumpang. Kementerian Perhubungan (kemenhub) mempertanyakan durasi maskapai itu menurunkan penumpang.

Sejumlah penumpang naik pitam hingga membuka paksa pintu darurat yang terletak di atas sayap pesawat pada 7 September 2023. Mereka kesal karena berada di dalam pesawat yang gelap dan AC mati. Apakah proses menurunkan penumpang membutuhkan waktu berjam-jam?

Ada dua dugaan terkait kejadian tersebut. Andai memang hanya menurunkan penumpang pasti bisa dilakukan dengan cepat dan itu berbanding terbalik jika pesawat dalam persiapan lepas landas.

Versi pemerintah

Berdasarkan laporan awal yang diterima Kemenhub, pesawat Batik Air mengalami kendala operasional saat proses menurunkan (disembark) penumpang.

Kronologi kejadian sesuai laporan adalah pada 7 September 2023, pesawat PK-LAT Airbus A320 Batik Air melakukan penerbangan BTK 6293 dari Makassar menuju Jakarta.

Saat itu, penerbangan berjalan normal, namun ketika melakukan proses menurunkan penumpang terdapat kendala tidak berfungsinya Ground Power Unit (GPU) yaitu peralatan pendukung pesawat ketika di darat yang berfungsi sebagai alat pensuplai kelistrikan pesawat telah disiapkan sesuai dengan kebutuhan pesawat.

“Tidak berfungsinya GPU ini mengakibatkan sistem kelistrikan dan air conditioning (pendingin udara) di dalam kabin tidak berfungsi,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).

Maria sangat menyayangkan karena pesawat mengalami tidak berfungsinya AC dan padamnya lampu kabin, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan penumpang.

“Kami menegaskan bahwa keselamatan dan keamanan penerbangan seluruh penumpang serta awak pesawat adalah prioritas utama. Kami memahami kekhawatiran dan ketidaknyamanan penumpang akibat padamnya lampu dan AC yang tidak berfungsi,” kata Maria.

“Untuk itu selaku regulator kami telah memberikan teguran keras kepada Batik Air dan secara paralel melakukan investigasi atas kejadian tersebut,” ujar dia.

Penelusuran detikcom

Peristiwa itu diduga terjadi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (9/9). Kepanikan penumpang itu terjadi saat pesawat Batik Air rute Makassar-Jakarta mengalami gangguan sebelum lepas landas.

Dalam video beredar, tampak para penumpang panik karena kondisi kabin pesawat gelap akibat lampu tidak menyala dan AC tidak berfungsi. Para penumpang merasa pengap dan memaksa membuka pintu darurat pesawat.

“Jangan dibuka itu. Maaf ya Ibu, Bapak. Mohon maaf itu exit emergency jangan dibuka,” kata awak kabin berbaju putih kepada seorang penumpang dalam video itu.

detikTravel sudah menghubungi pihak Lion Air dari hari Jumat di minggu lalu namun belum memberi tanggapan.

“Selamat malam, maaf baru balas. Izin, saya check terlebih dahulu,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.(detik.com)