BERITA

PT KPI Unit Dumai Gelar Pelatihan Bagi Nelayan

416
×

PT KPI Unit Dumai Gelar Pelatihan Bagi Nelayan

Sebarkan artikel ini
Foto: PT KPI Gelar Pelatihan Montir Kapal Bagi Nelayan di Mundam Dumai

DUMAI – Untuk meningkatkan keterampilan para nelayan yang ada di wilayah Kota Dumai, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai membuka program Pelatihan Montir Kapal Nelayan di Kelurahan Mundam, Kota Dumai, Sabtu (19/8/2023).

Pada momen pembukaan program ini, dihadiri langsung oleh berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Kota Dumai, LAZ Madani Human Care (MHC), serta pemateri dari PT KPI Unit Dumai, serta Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, dengan jumlah total peserta mencapai 20 orang nelayan di wilayah tersebut.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, menyebutkan kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif program pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh PT KPI Unit Dumai pada tahun 2023 ini.

“Kegiatan ini relevan dengan kondisi beberapa wilayah di Dumai, di mana sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan keterampilan para peserta dalam perbaikan kapal nelayan, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian melalui hasil skill yang akan dipelajari,” ungkapnya.

Selain itu, dia menyebutkan pelatihan ini juga diharapkan dapat mengurangi pengeluaran operasional nelayan jika terjadi kerusakan pada kapal mereka.

Selanjutnya, selain dari sekadar manfaat ekonomi, program ini juga sejalan dengan prinsip-prinsip Environmental Social Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin 10, yaitu Mengurangi Kesenjangan. Program pelatihan ini bukan hanya satu kali, melainkan akan dilanjutkan dengan rangkaian pelatihan lainnya, dan dilaksanakan sampai Minggu (27/8/2023) mendatang.

Sementara itu Asisten I Pemkot Dumai Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yusrizal, mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiasi dan komitmen perusahaan yakni PT KPI Unit Dumai dalam mendorong keterampilan para nelayan kota itu.

“Apresiasi kami kepada PT KPI Unit Dumai dan LAZ MHC dalam rangka program ini, karena banyak manfaat yang akan dirasakan para nelayan terutama keahlian dalam perbaikan mesin kapal yang menjadi alat utama aktifitas melaut,” ungkapnya.

Kemudian Direktur LAZ Madani Human Care, Dziqri Hanafi, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih pihaknya terhadap PT KPI Unit Dumai dan Pemkot Dumai, sehingga program ini dapat terlaksana mulai dari perencanaan hingga pada pelaksanaan saat ini.

“Semoga dengan kegiatan ini tentunya memberikan manfaat untuk semua pihak, tidak hanya kepada peserta namun juga nantinya dapat ikut mensejahterakan masyarakat kelompok nelayan yang ada di Kota Dumai dan sekitarnya,” ujarnya.rls