BERITA

PPDB Dipertanyakan, Pengumuman Lewat Situs dan Sekolah Berbeda

643
×

PPDB Dipertanyakan, Pengumuman Lewat Situs dan Sekolah Berbeda

Sebarkan artikel ini
Foto: (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

MAKASSAR – Ratusan orang tua pun kecewa dengan keterangan yang disampaikan oleh pihak sekolah bahwa ada kesalahan pada aplikasi PPDB SMA/SMK tahun 2023 Sulawesi Selatan.

Sejumlah orang tua siswa mempertanyakan pengumuman di situs penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK Sulawesi Selatan tahun 2023 yang dinyatakan lulus.

Dikutip dari CNN Indonesia, Namun ketika dikonfirmasi hal tersebut, pihak sekolah menyatakan tidak lulus.

Merespons kejadian tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin menerangkan bahwa aplikasi PPDB Sulsel saat ini dalam kondisi yang baik.

“Tidak (error). Jadi ada pengumuman yang diumumkan (lewat online) tapi resminya sebentar malam. Tidak ada yang down atau bagaimana,” kata Iqbal kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (24/6).

Menurut Iqbal bahwa saat ini aplikasi PPDB Sulsel ada perbaikan. Namun, Iqbal memastikan tidak ada yang terganggu dengan hasil pengumuman dari aplikasi PPDB tersebut.

“Ada sedikit perbaikan yang lolos, Insya Allah tidak (terganggu) cuman ada simulasi-simulasi sebelum pengumuman, kemungkinan (terganggu) di sistem dan resminya akan diumumkan rencananya sebentar malam yang ditandatangani ketua panitia PPDB, begitu SOP-nya,” ungkapnya.

Kadis Pendidikan mengklaim bahwa sejak awal pendaftaran hingga masuk tahap pengumuman pihaknya tidak mendapatkan kendala yang dapat mengganggu kelancaran pada proses PPDB.

“Tidak ada kendala mulai dari pendaftaran sampai hari ini. Mungkin hanya mis-pengumuman karena hanya simulasi yang dilihat akhirnya. Tapi resminya itu kita umumkan secara fisik. Makanya, kita tunda pendaftaran ulangnya,” jelasnya.

Setelah hasil pengumuman disampaikan, kata Iqbal, selanjutnya para calon siswa harus segera mendaftar ulang di masing-masing sekolah yang berlangsung selama dua hari.

“Besok pendaftaran ulang, selama dua hari. Karena ditundanya pendaftaran ulang ini, mungkin akan bergeser tahapan berikutnya nantinya. Tahapan kedua zonasi dan ketiga adalah prestasi,” imbuhnya.***

Editor: Redaksi