BERITA

Polres Dumai Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning

473
×

Polres Dumai Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning

Sebarkan artikel ini
Foto: Pengamanan Lebaran, Polres Dumai Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning

DUMAI – Dalam rangka mendukung kelancaran Operasi Kepolisian, Polres Dumai menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024, Rabu (3/4/2024) di Gedung Citra Waspada Polres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.

Jelang pelaksanaannya, kegiatan pembukaan Latihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 dipimpin oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis, S.H, M.H, para Pejabat Utama Polres Dumai dan seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 Polres Dumai.

Terpantau ketika itu, acara di awali dengan laporan perwira, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pemasangan Tanda Peserta Latihan Pra Operasi kepada perwakilan yang telah ditunjuk, pemimpin acara mengambil tempat dan laporan perwakilan.

Selanjutnya, penyampaian arahan Kapolres Dumai dilanjutkan dengan acara pembukaan Latihan Pra Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024, laporan perwira, sesi tanya jawab, pembacaan do’a dan disempurnakan dengan penyampaian materi seputar struktur organisasi, administrasi, kesiapan personel, pelaporan, dan tugas personel Polres Dumai pada Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024.

“Kegiatan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 akan dilaksanakan selama 13 hari terhitung mulai tanggal 04 April 2024 hingga 16 April 2024 mendatang. Operasi ini merupakan operasi kemanusian yang bersifat terpusat yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat saat perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024,” ungkap Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres Dumai, sejumlah sasaran lainnya dalam kegiatan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 berupa stok bahan pangan serta menekan inflasi, tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan tempat wisata ataupun tempat hiburan, pergerakan masyarakat yang mudik, bencana baik alam dan non alam serta gangguan keamanan lainnya.

Sementara terkait cara bertindak, meliputi melaksanakan sosialisasi, memberikan himbauan, pelayanan terpadu, penegakan hukum, serta koordinasi dengan instansi terkait. Sementara itu, eksistensi pos pengamanan dan pos pelayanan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 Polres Dumai diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Sebanyak 128 personel Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai yang terlibat akan ditempatkan di 2 Pos Pengamanan dan 3 Pos Pelayanan dengan rincian Pos Pengamanan Dumai Islamic Center (DIC), Pos Pengamanan Gerbang Tol Dumai – Pekanbaru, Pos Pelayanan Terminal AKAP, Pos Pelayanan Pelabuhan Internasional Pelindo I Cabang Dumai dan Pos Pelayanan Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan Kota Dumai,” papar Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.M.

Tak hanya itu, Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai juga akan mengintensifkan pelaksanaan patroli dan kegiatan pengamanan guna menjaga situasi Kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat dengan sasaran 81 Mesjid Prioritas, 4 Kawasan Wisata, 2 Mall, Jalan Tol Dumai – Pekanbaru, Terminal AKAP dan 2 Pelabuhan. Kemudian sebagai upaya antisipasi terjadinya kejahatan pencurian rumah kosong, kegiatan patroli pengamanan juga akan disebar ke sejumlah titik-titik rawan kejahatan seperti kompleks perumahan maupun pertokoan.

“Tetap jaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tutup Kapolres Dumai.***