OTOMOTIF

Mau Pasang Spion Canggih seperti di Suzuki XL7 Hybrid? Siapin Dana Segini

14586
×

Mau Pasang Spion Canggih seperti di Suzuki XL7 Hybrid? Siapin Dana Segini

Sebarkan artikel ini
Smart e-mirror Suzuki XL7 Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

JAKARTA – Teknologi smart e-mirror milik Suzuki mampu menghasilkan rekaman real time yang jernih dan smooth. Bahkan, saat digunakan malam hari, perangkat tersebut masih bisa bekerja secara optimal.

Dikutip Nusaterkini dari detikoto, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melengkapi Suzuki XL7 Hybrid varian tertinggi dengan teknologi smart e-mirror alias kaca elektronik digital di ruang kabin.

Sehingga, pengemudi bisa memantau kondisi depan dan belakang kendaraan melalui bantuan kamera.

“Memang ini dirancang untuk memudahkan pengemudi. Jadi ini (kameranya menghadap) ke depan dan belakang. Bisa dipakai merekam dan ke-reset otomatis setelah tiga hari,” ujar Dept. Head of Strategic Planning PT SIS, Joshi Prasetya saat berbincang dengan detikOto di Yogyakarta.

Menariknya, teknologi smart e-mirror bisa dipasang di mobil Suzuki lain. Menurut Joshi, harganya terjangkau dan sudah termasuk biaya pasang.

“Biayanya Rp 8 juta. Itu sudah termasuk kamera dan jasa pasang. Kemudian garansinya setahun setelah pemasangan,” terangnya.

Lebih rinci, smart e-mirror milik Suzuki XL7 Hybrid sudah dilengkapi memori untuk menyimpan rekaman video selama perjalanan.

Kini, perangkat tersebut masih memakai ruang penyimpanan 16 GB, namun sebentar lagi akan ada perubahan menjadi 32 GB.

“Standard tahun 2022 itu 16 GB dan resetnya sekitar tiga hari. Biasanya (bisa dipakai merekam gambar) selama tiga jam. Tapi ada perubahan tahun ini, standard-nya jadi 32 GB,” kata Josie.

Diketahui, keberadaan Smart e-Mirror di mobil Suzuki sendiri berfungsi untuk mencegah terjadinya blind spot di posisi belakang.

Selain itu, fitur tersebut juga bisa membantu pengemudi saat hendak memarkirkan kendaraan.***

Editor: Redaksi