BERITA

Koramil 02 Bukit Kapur Tingkatkan Keterampilan Petani

317
×

Koramil 02 Bukit Kapur Tingkatkan Keterampilan Petani

Sebarkan artikel ini
Foto: Koramil 02 Bukit Kapur Tingkatkan Keterampilan Petani

DUMAI – Dalam rangka mendukung Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Koramil 02/BK menggelar Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh pada hari Rabu, 5 Juni 2024.

Kegiatan yang bertempat di Koramil 02/BK ini dihadiri oleh Danramil 02/BK Kapten Inf Syuar Hendri, Peltu Joko (Bati Tuud Koramil 02/BK), para Bati Koramil 02/BK, dan para Babinsa Koramil 02/BK.

Kapten Inf Syuar Hendri dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani dan penyuluh dalam budidaya padi di lahan rawa dan tumpang sari padi gogo di lahan perkebunan sawit.

“Diharapkan dengan pelatihan ini, para peserta dapat meningkatkan produktivitas lahan mereka dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional,” ujar Kapten Hendri.

Materi pelatihan disampaikan oleh Prof. Dr Ir Dedi Nursyamsi, M.Agr, Kepala Badan PPSDMP Kementerian Pertanian. Dalam materinya, Prof. Dedi menjelaskan tentang potensi lahan rawa di Indonesia sebagai lumbung pangan, karakteristik dan masalah lahan rawa, cara budidaya padi di lahan rawa, model daerah irigasi di lahan rawa, optimalisasi lahan rawa (Opla), dan penanaman padi gogo di lahan perkebunan sawit (tumpang sari).

Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh di Koramil 02/BK diharapkan dapat membantu meningkatkan produktivitas padi di Indonesia dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional.***