BERITA

Jelang KLB PWI Riau, DPT Konferensi Luar Biasa Konferprov XVI Segera Diumumkan

415
×

Jelang KLB PWI Riau, DPT Konferensi Luar Biasa Konferprov XVI Segera Diumumkan

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau segera mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) peserta Konferensi Luar Biasa (KLB) Konferensi Provinsi (Konferprov) XVI.

Peserta konferensi yang ada di DPT terdiri dari utusan pengurus PWI pusat, pengurus Provinsi Riau, anggota biasa PWI provinsi Riau. Dan ini sesuai dengan PD/PRT dan Surat Edaran Pelaksanaan Konfrensi No 117/PWI-P/LXXVII/2023 yang dikeluarkan PWI Pusat.

Sedangkan peninjau terdiri dari anggota kehormatan PWI Riau dan anggota muda PWI Provinsi Riau. Setelah DPT diumumkan, anggota yang memperbarui Kartu Tanda Anggota (KTA) ditangguhkan sementara sampai konferensi selesai dilaksanakan

“DPT ini akan dirilis PWI Pusat sebelum pelaksanaan konferensi,” sebut Ketua Panitia KLB PWI Riau, Bambang Irawan Syahputra, Kamis (7/12/2023).

Bambang menyebutkan, nama-nama dalam DPT boleh memberikan surat mandat dan mewakilkan hak pilihnya kepada penerima mandat. Surat mandat ditandatangani di atas materai dan tidak bisa dicabut dengan alasan apapun. Surat mandat diserahkan kepada panitia selambat-lambatnya sebelum pembukaan konfrensi.

Sementara soal tata cara pemilihan, beber Bambang, pertama, apabila hanya ada satu calon ketua yang memenuhi syarat, maka langsung ditetapkan secara aklamasi dalam sidang pleno konfrensi.

Kedua apabila terdapat dua atau lebih calon ketua yang memenuhi syarat maka dilakukan pemungutan suara dengan system’ one man one vote atau setiap anggota di DPT memiliki 1 hak suara.

Ketiga pemilihan calon ketua dengan mencoblos tanda gambar. Panitia mempersiapkan kertas suara dengan tanda gambar wajah masing-masing calon dan disertai nama lengkap.