TEKNOLOGI

Hadirnya IndiHome ke Telkomsel, Bagaimana Nasib Telkomsel Orbit

931
×

Hadirnya IndiHome ke Telkomsel, Bagaimana Nasib Telkomsel Orbit

Sebarkan artikel ini
Nasib Telkomsel Orbit usai IndiHome gabung ke Telkomsel. Foto: Agus Tri Haryanto/detikcom

JAKARTA – Teknologi terbaru Telkomsel Orbit, Hadirnya IndiHome ke Telkomsel untuk pengguna internet rumahan, lantas bagaimana nasib Telkomsel Orbit.

Adhi Putranto selaku Vice President Sales Strategy Telkomsel mengatakan, orbit sebenarnya dari sisi teknologi ada mobile, FWA fixed wireless access, Kamis (13/7/2023).

“Nah, Orbit sebenarnya dari sisi teknologi itu ada mobile, FWA, dan FTTH. Mobile itu yang kita pakai sekarang, kalau FWA itu fixed wireless access, dan FTTH itu Fiber to the Home adalah IndiHome,” kata Adhi, dikutip dari detiknet.

“Prinsipnya sama, Telkomsel sekarang bukan melayani individual (lagi) tapi melayani rumah tangga. Jadi, mana yang paling cepat melayani pelanggan, itu yang kita sediakan (ke pelanggan) rumah tangga,” sambungnya.

Sedangkan, jika di lokasi pengguna tidak ada akses IndiHome, maka Telkomsel akan terlebih dahulu menawarkan produk Telkomsel Orbit.

“Tapi, jika sudah ada IndiHome ya kita pelan2 upgrade orbit ke indihome, kita tawarkan karena FTTH ini yang paling nyaman,” ungkap Adhi.

Telkomsel akan menghadirkan produk FMC yang direncanakan dilakukan pada 21 Juli 2023 bertepatan dengan Telkomsel Awards 2023.

Sebelumnya, usai dilakukannya penandatanganan akta pemisahan (deed of spin-off) Telkom dan Telkomsel pada akhir Juni lalu, IndiHome kini berada di bawah naungan Telkomsel terhitung mulai 1 Juli 2023.

Dengan pelepasan IndiHome, maka Telkom fokus di sektor business to business (B2B) dan Telkomsel menyasar business to consumer (B2C).

Perkawinan IndiHome dan Telkomsel itu turut menyemarakkan layanan fixed mobile convergence (FMC), yakni sebuah produk hasil penggabungan antara fixed broadband dan mobile broadband.***

Editor: Redaksi