OLAHRAGA

Fina Liga Champions, Man City Rebut Titel Pertama

579
×

Fina Liga Champions, Man City Rebut Titel Pertama

Sebarkan artikel ini
Foto: REUTERS/MURAD SEZER

JAKARTA – Manchester City mengalahkan Inter Milan 1-0 untuk merebut titel juara Liga Champions pertama. Meski demikian, Real Madrid masih menjadi penguasa kompetisi ini.

Rodri tampil sebagai penentu kemenangan Man City saat menghadapi Inter di Stadion Ataturk, Istanbul, pada Minggu (11/6/2023) dinihari WIB. Gelandang Spanyol itu menggetarkan gawang Nerazzurri di babak kedua setelah memanfaatkan bola liar yang berasal dari umpan tarik Bernardo Silva.

Inter Milan sendiri menciptakan enam percobaan mengarah ke gawang Man City, termasuk dua peluang bagus di pengujung laga. Namun, tidak ada yang berujung gol balasan sehingga the Citizens berhak mengangkat piala si Kuping Besar.

Manchester City akhirnya berhasil memenuhi ambisinya memenangi Liga Champions, titel pertama klub selama hampir 130 tahun berdiri. Sebelum ini pencapaian terbaik Man City hanya sekali menjejak final (2021) tapi kalah dari Chelsea.

Namun begitu, titel terbanyak Liga Champions masih dipegang Real Madrid. Raksasa Spanyol itu sangat perkasa dengan memenangi total 14 gelar juara, terhitung sejak kompetisi ini pertama kali digelar dengan nama European Cup pada 1955/56.

Madrid jauh mengungguli rival terdekatnya, yaitu AC Milan yang memenanginya tujuh kali. Bayern Munich dan Liverpool berada di peringkat ketiga dengan masing-masing enam gelar juara.

Daftar Juara Liga Champions/European Cup:

14: Real Madrid
7: AC Milan
6: Bayern Munich, Liverpool
5: Barcelona
4: Ajax Amsterdam
3: Inter Milan, Manchester United
2: Juventus, Benfica, Chelsea, Nottingham Forest, Porto
1: Celtic, Hamburg, Steaua Bucuresti, Marseille, Borussia Dortmund, Man City, Feyenoord, Aston Villa, PSV Eindhoven, Red Star Belgrade

Sumber: detik.com