OLAHRAGA

268 Atlet, Kontingen ASEAN Para Games RI Target Juara Umum

597
×

268 Atlet, Kontingen ASEAN Para Games RI Target Juara Umum

Sebarkan artikel ini
Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

JAKARTA – Kontingen Indonesia untuk ASEAN Para Games (APG) XII 2023 di Kamboja resmi dikukuhkan. Merah-Putih diperkuat 268 atlet dengan target 121 medali emas dan juara umum.

Seremoni pengukuhan dilakukan di Pendhapi Gedhe Balai Kota Surakarta Kota Solo, Senin (29/5/2023) oleh Menpora Dito Ariotedjo.

“Bismillah dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT. Pada hari ini saya selaku Menpora Republik Indonesia dengan resmi mengukuhkan kontingen Indonesia di ASEAN Para Games XII 2023,” kata Menpora Dito.

Tak hanya mengukuhkan, politikus Golkar itu juga menitipkan pesan dan harapannya kepada kontingen ASEAN Para Games (APG) Indonesia agar dapat menghasilkan hasil maksimal APG Kamboja 2023

“Saya berharap para atlet para pelatih dan tenaga pendamping berkonsentrasi penuh untuk menghadapi pertandingan-pertandingan di APG XII 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai kita bersama untuk bisa meraih juara umum,” ujarnya.

Ia meyakini hal itu bisa terwujud mengingat dalam persiapannya, pemusatan latihan APG digelar secara kontinu sejak 2022 usai APG XI 2022 Solo. Hal tersebut, juga bagian dari implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomo 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Maka dari itu kita sama-sama harus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, diharapkan dengan pembinaan yang berkelanjutan ini mampu menghasilkan prestasi yang optimal pada multievent internasional,” tutur Menpora berusia 32 tahun ini.

Adapun dua ratusan atlet itu nantinya akan didampingi 154 oficial untuk berlaga di 12 cabang olahraga (cabor) dari 14 cabor yan dipertandingkan.

“Berdasarkan track record prestasi sport analis yang dilakukan bersama-sama oleh tim pakar akademisi, kekuatan kontingen Indonesia saat ini merupakan komposisi terbaik untuk kita kirimkan menuju ASEAN Para Games XII Kamboja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Indonesia, Shenny Marbun, menyambut positif target hat-trick juara umum kontingen Indonesia di Kamboja. Keyakinan itu berdasarkan hasil latihan maupun try out yang sudah dijalani semenjak berakhirnya ASEAN Para Games XI di Indonesia 2022 silam.

“Semua sudah kita persiapkan dengan matang. Atas izin Tuhan kami yakin bisa meraih juara umum tiga kali beruntun,” kata Senny.

Sumber: detik.com