BERITA

Waspada Penipuan, Akses Layanan Resmi Kelistrikan Aman Melalui PLN Mobile

1404
×

Waspada Penipuan, Akses Layanan Resmi Kelistrikan Aman Melalui PLN Mobile

Sebarkan artikel ini
Foto: PT PLN Persero

JAKARTA – PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN. Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan, belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus.

“Mulai dari ajakan mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah, pembelian box kWh Meter, rekrutmen pegawai hingga permintaan foto diri pelanggan, surat bukti penggantian ID pelanggan dan lain sebagainya,” jelas Gregorius.

Modus yang dilakukan oknum petugas baru-baru ini, kata Gregorius, adalah meminta pelanggan mengirimkan foto diri melalui aplikasi pesan singkat atau penggantian nomor ID pelanggan. Dirinya menegaskan, PLN tidak pernah meminta data diri maupun uang dari pelanggan melalui nomor asing yang tidak sesuai ketentuan.

“Masyarakat agar berhati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung maupun data diri ke pelanggan. Petugas PLN selalu dilengkapi identitas yang jelas,” ujar Gregorius.

Gregorius menegaskan, PLN juga tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau pemasangan baru, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan. Menurutnya, dalam pembayaran transaksi layanan PLN, selalu menggunakan nomor register atau kode bayar yang hanya bisa dibayarkan melalui payment point online bank (PPOB) atau marketplace.

Untuk mencegah penipuan, Gregorius mengimbau masyarakat mengenali ciri-ciri petugas resmi PLN.

Menurutnya, petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

“Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB), tidak ada pembayaran di tempat,” ujarnya.

Gregorius melanjutkan, jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile dan Contact Center PLN 123.

PLN juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mengakses layanan PLN agar langsung menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut menurut Gregorius, mencakup seluruh layanan maupun informasi resmi berbagai program PLN.rls***