BERITA

Wakapolda Riau Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Tahun 2023

744
×

Wakapolda Riau Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Wakapolda Riau Brigjend. Pol K. Rahmadi hadiri acara Puncak Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Labersa Kelurahan Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menko Polhukam Republik Indonesia, Deputi VII Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI, Plh. Gubernur Riau, Ketua Komisi Informasi Pusat serta Forkopimda Provinsi Riau.

Plh Gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Pusat yang telah memilih Provinsi Riau sebagai tuan rumah dalam peringatan hari keterbukaan informasi nasional tahun 2023.

“Atas nama pemerintah provinsi riau kami mengucapkan terima kasih kepada komisi informasi pusat yang telah mempercayai Provinsi Riau sebagai tuan rumah dalam peringatan hari keterbukaan informasi nasional tahun 2023,” ujar Edy.

Diketahui dengan adanya keterbukaan informasi sejalan dengan pilar reformasi. Secara komprehensif Undang-undang KIP mengatur mengenai kewajiban badan pejabat publik. Hadirnya Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di tengah kita telah meningkatkan peran aktif masyarakat dalam setiap pengambilan kebijakan publik, dan pengelolaan badan publik yang baik dengan menunjukkan penyelenggara negara yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

Dilanjutkan Edy Keterbukaan informasi publik menjadi salah satu elemen penting bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Salah satu bentuk komitmen nyata pemerintah Provinsi Riau dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yaitu berhasilnya meraih penghargaan sebagai badan publik yang informatif dari komisi informasi pusat secara berturut turut selama 2 tahun terakhir, kita semua tentu berharap prestasi ini dapat terus untuk dipertahankan.

Ketua Komisi Informasi Pusat, Bapak Dr. Ir. Donny Yoesgiantoro mengucapkan syukur dan berterimakasih dengan terlaksananya kegiatan Hari Keterbukaan Nasional Tahun 2023 saat ini diwilayah Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintahan Provinsi Riau dengan terlaksananya kegiatan Hari Keterbukaan Nasional Tahun 2023 saat ini diwilayah Kabupaten Kampar Provinsi Riau berjalan dengan lancer,” ujar Donny.

Hari Keterbukaan Informasi Nasional tahun 2023 ( HAKIN ) memiliki nilai strategis dan penting dalam membantu masyarakat dalam mengenali dan memahami pentingnya Keterbukaan Informasi Publik saat ini.
Dalam peringatan Hari Keterbukaan Nasional Tahun 2023 saat ini juga akan di umumkan hasil dari monitoring dan evaluasi Badan Publik serentak yang baru pertama kali dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, hal ini sejalan dengan tujuan utama dari Hari Keterbukaan Nasional yaitu untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam Pemerintahan.

Dikesempatan lain, Menkko Polhukam RI Mahfud MD menyampaikan dukungan dan akan ikut mengerjakannya sesuai dengan kewenangan yang dimiliki agar penetapan 30 April sebagai Hari Keterbukaan Informasi segera dituangkan di dalam keputusan Presiden.

“Saya sebagai duta Keterbukaan Informasi Publik ingin menyampaikan dukungan dan akan ikut mengerjakannya sesuai dengan kewenangan yang saya miliki agar penetapan 30 April sebagai hari keterbukaan informasi segera dituangkan di dalam keputusan presiden. Saya mencatat informasi pusat bersama Kementerian Komunikasi dan informatika. Saat ini pernah mengajukan permohonan izin prakarsa kepada bapak presiden,” ujar Mahfud MD.

“Peringatan Hari Keterbukaan Informasi merupakan momen penting dalam menghargai nilai nilai demokrasi dan transparansi dalam tata kelola pemerintahan. Acara ini memberikan kesempatan bagi kita untuk merefleksikan pentingnya keterbukaan informasi dan untuk menghargai setiap upaya yang telah dilakukan dalam memberikan akses informasi bagi masyarakat,” lanjutnya.

“Saya berharap semangat dan komitmen untuk memajukan keterbukaan informasi bisa terus tumbuh, berkembang dan turut mendorong pemajuan demokrasi karena negara kita ini sudah disepakati sebagai demokrasi,” ujarnya.

Diakhir acara dilaksanakan pembacaan Deklarasi Komitmen Komisi Informasi Se-indonesia dalam Mengawal Pemilu 2024 Yang Terbuka, Inkiusif dan Informatif serta penandatanganan Komitmen Keterbukaan Informasi se Provinsi Riau oleh Bupati/Walikota se Provinsi atau yang mewakili.***