TRAVEL

Viral Aksi Gajah Bersihkan Sampah Berceceran Gunakan Belalainya

604
×

Viral Aksi Gajah Bersihkan Sampah Berceceran Gunakan Belalainya

Sebarkan artikel ini
Foto: Istimewa

JAKARTA – Gajah yang terlatih dengan baik ditulis pada tahun 2015. Ini adalah momen luar biasa di mana seekor gajah menggunakan belalainya untuk mengambil dan membuang sampah yang tertinggal di rerumputan.

Melansir Daily Mail, Kamis (15/6/2023), Aksi gajah membersihkan sampah yang berceceran di sekitar tongnya viral lagi. Peristiwa itu sudah lama, kini viral kembali.

Gajah ini membuktikan bahwa ia bukanlah hewan yang membiarkan sampah yang berceceran. Itu setelah rekaman video yang luar biasa menunjukkan ia mengambil sampah dan memasukkannya ke tempat sampah.

Ini menunjukkan bahwa lalat bukan satu-satunya gangguan bagi mamalia raksasa. Si gajah lalu memutuskan melakukan bagiannya sendiri untuk lingkungan.

Ini menunjukkan bahwa lalat bukan satu-satunya gangguan bagi mamalia raksasa. Si gajah lalu memutuskan melakukan bagiannya sendiri untuk lingkungan.

CCTV menunjukkan gajah itu berkeliaran di taman belakang sebuah rumah di Taman Nasional Greater Kruger, Afrika Selatan. Tampaknya, dia melihat beberapa kaleng kosong yang tertinggal di rerumputan.

Saat menuju tempat sampah, gajah dengan hati-hati menyedot kaleng itu satu per satu menggunakan belalainya, sebelum menggunakan salah satu kakinya untuk membantu mengangkat dan menjatuhkannya ke tempat sampah di depannya.

Tampaknya ia juga membuang beberapa sampah yang sebelumnya ditemukan di semak-semak sebelum mengambil kaleng.

Pengambilan sampah pada kali pertama dilakukan dengan cukup mudah oleh gajah. Namun, pengambilan sampah yang kedua terlihat agak lebih bermasalah.

Russell Owen MacLaughlin, seorang fotografer yang berbasis di Hoedspruit, Afrika Selatan, mengabadikan kejadian luar biasa itu setelah dia memasang kamera CCTV untuk melihat satwa liar mana yang mengunjungi daerah tersebut.

“Gajah itu pergi dan mengambil kaleng untuk dibuang ke tempat sampah,” kata Russell.

‘Itu benar-benar mengejutkan. Saya tidak bisa menjelaskan mengapa atau bagaimana itu terjadi, itu terjadi begitu saja. Saya kira itu pasti kasus hewan lain yang melakukan hal-hal menakjubkan,” dia menambahkan, demikian dikutip dari detikTravel.***

Editor: Redaksi