TRAVEL

Rute Dumai – Padang, PT Semen Padang Gelar Mudik Asyik

600
×

Rute Dumai – Padang, PT Semen Padang Gelar Mudik Asyik

Sebarkan artikel ini
Foto: Rute Dumai - Padang, PT Semen Padang Gelar Mudik Asyik

DUMAI – PT. Semen Padang Unit Grinding Plant Kota Dumai menggelar mudik asyik bersama BUMN Tahun 2024 dengan rute Dumai-Padang, Sabtu (06/04/2024) pagi, sebanyak 90 orang peserta mudik diangkut melalui 3 bus. Satu bus membawa peserta melalui rute Payakumbuh-Batusangkar-Solok dan dua bus lagi membawa peserta mudik melalui rute Payakumbuh-Bukittinggi-Padang Panjang-Padang.

“Program ini dilaksanakan sebagai langkah strategis untuk memitigasi potensi resiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik dan juga salah satu tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah,” ujar Ir. Sujarmadi, Manager Operasional PT. Semen Padang Unit Grinding Plant Kota Dumai dalam sambutannya.

Selain itu sambungnya, program mudik bersama BUMN merupakan implementasi bakti BUMN yang dilaksanakan sebagai bentuk TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) BUMN dalam hal ini PT. Semen Padang khususnya di wilayah Kota Dumai.

“Jumlah peserta Tahun 2024 ini terbatas untuk 90 orang. Kami menyediakan 3 bus dengan tujuan Dumai-Padang. Kami Juga memberikan souvenir, snack, minuman serta T-Shirt untuk peserta,” tambahnya.

Sementara itu Walikota Dumai H. Paisal SKM MARS yang diwakili oleh Sekda H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si mengucapkan terima kasih atas program mudik gratis yang dilaksanakan oleh PT. Semen Padang ini.

“Pemko Dumai memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh PT. Semen Padang ini karna sangat bermanfaat bagi masyarakat Dumai yang ingin pulang kampung dan berharap program ini dapat berlanjut tahun-tahun ke depannya,” ujar H. Indra Gunawan

Menutup sambutannya kepada pemudik, H. Indra Gunawan berpesan untuk selalu berhati-hati di jalan dan selalu menjaga kesehatan. Pelepasan peserta mudik ini dilaksanakan di Halaman Dumai Islamic Center.

Seperti diketahui, dalam rangka menyambut HUT ke 26 Tahun dan memeriahkan bulan suci Ramadhan, Kementerian BUMN bersama BUMN menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadan BUMN 2024 berupa Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM Binaan BUMN. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 40 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kegiatan itu digelar di tiga lokasi, yaitu di Kota Padang, Solok dan Padang Pariaman. Untuk di Kota Padang, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh PT Semen Padang, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Kemudian di Solok dilaksanakan oleh BNI, dan di Padang Pariaman oleh Bank Mandiri.

Untuk Pasar Murah dan Bazar UMKM Binaan BUMN yang digelar di Kota Padang, diadakan pada 4-5 April 2023 di lapangan Gedung Olahraga (GOR) PT Semen Padang di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan. Kegiatan tersebut, dibuka oleh Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra, dan dihadiri Sekda Kota Padang Andree H. Algamar, Tim SKB BUMN serta masyarakat di sekitar perusahaan.

Selanjutnya untuk Bazar UMKM Binaan BUMN, diikuti oleh 36 UMKM dengan tujuan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM di lingkungan sekitar perusahaan PT Semen Padang untuk menjual produknya, dan masyarakat pengunjung dapat memenuhi kebutuhan takjil Ramadan ataupun makanan ringan untuk lebaran. Produk yang dijual meliputi makanan & minuman takjil dan makanan untuk lebaran.

Kemudian untuk Mudik Gratis yang juga dilaksanakan oleh PT Semen Padang, dengan sasarannya adalah para perantau Minang di Dumai yang mudik ke kampung halamannya di Sumbar.

Jumlah kuota yang disediakan 90 orang dengan jumlah bus sebanyak 3 unit. Kegiatan mudik gratis ini digelar tanggal 6 April dengan titik kumpul keberangkatan mudik gratis di depan gerbang Taman Bukit Gelanggang Dumai.

Safari Ramadan BUMN 2024 diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait ketersedian bahan pangan di tengah-tengah masyarakat dengan harga terjangkau atas respon badai elnino yang menyebabkan kenaikan harga pangan d berbagai daerah di Indonesia.***