Ketua PDIP Dumai Akui Hendri Sandra Diperiksa KPK

by -169 views
Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Dumai, Firdaus Zubair.
Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Dumai, Firdaus Zubair.

DUMAI – Pemeriksaan Calon Walikota Dumai, Hendri Sandra oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat tanggapan beragam. Terutama dari pegiat dunia maya atau media sosial. Sebagian menganggap diperiksanya Hebdri Sandra itu sebagai informasi hoax. Namun sebagian lagi mendukung langkah KPK dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih.

Ketua PDIP Dumai, Uber Firdaus melalui akun facebooknya Zubair Firdaus tidak membantah informasi yang berkembang itu. Hanya saja, Hendri Sandra calon walikota yang diusung PDIP itu menurutnya cuma diperiksa selaku saksi.

“Sebagai (diperiksa, red) saksi tersangka Zulkifli AS,” tulis Ketua PDIP Dumai melalui akun facebooknya Zubair Firdaus.

Tidak hanya menyampaikan kapasitas Hendri Sandra sebagai saksi, namun dalam komentarnya juga menuliskan kalimat tentang Jumat Keramat.

“Ayo KPK ditunggu jumat keramatnya,” tulis Zubair Firdaus.

Sebelumnya diberitakan, Calon Walikota Dumai, Hendri Sandra yang berpasangan dengan M Rizal Akbar bakal menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Calon walikota nomor urut 1 yang sebelumnya menjabat Kadis Penanaman Modal dan PTSP itu diperiksa terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan tersangka H Zulkifli Adnan Singkah.

Selain Hendri Sandra, pejabat lainnya yang diperiksa yakni mantan Kadis PUPR Dumai, DR Mohammad Syahminan.

“Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka ZAS (Zulkifli Adnan Singkah, Wali Kota Dumai). Pemeriksaan digelar di Polda Riau,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dikutip dari kompas.com, Selasa (03/11/2020) lalu.

Ketika Hendri Sandra masih menjabat Kadis Badan Penanaman Modal dan PTSP, kantornya pernah digeledah oleh KPK. Kurang lebih 6 orang personil menggunakan rompi bertuliskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terlihat melakukan pemeriksaan di sejumlah ruangan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai, Kamis (5/12/19) sekitar pukul 08.30 WIB lalu.

Begitu memasuki kantor, mereka terlihat langsung melakukan pemeriksaan di ruangan Kepala Bidang Perizinan. Beberapa saat kemudian, sebagian personil KPK menuju ruangan Hendri Sandra selaku Kepala Dinas PMPTSP Dumai.

Proses penggeledahan yang dilakukan petugas KPK itu mendapat penjagaan ketat dari sejumlah personil kepolisian yang dilengkapi senjata laras panjang. Suasana yang terlihat di kantor itu lumayan tegang. Sejumlah pegawai terlihat duduk di bagiannya masing-masing.

Petugas menggunakan rompi KPK terlihat mondar-mandir dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Kemungkinan mereka berupaya mencari sejumlah berkas yang dibutuhkan terkait kasus dugaan korupsi. Beberapa pegawai BPM PTSP yang ditemui lebih memilih tutup mulut. (***)