Positif Covid-19 di Dumai Jadi 8 Orang

by -240 views

DUMAI – Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai pada Kamis (23/4/2020) sore mengumumkan lagi pertambahan 1 orang terkonfirmasi positif terinfeksi Virus Corona, berinisial RR (37) warga Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur.

Ketua Gugas Covid-19 Dumai sekaligus Walikota Dumai Zulkifli AS dalam keterangan pers menyebutkan, bahwa tambahan 1 positif Covid-19 ini diketahui orang tanpa gejala dan total kasus hingga kini menjadi 8 pasien.

“Sebelumnya tujuh orang positif Covid-19, dan saat ini di Kota Dumai terkonfimasi ada tambahan satu orang lagi dengan tanpa gejala, jadinya total delapan kasus,” kata Zulkifli AS.

Dijelaskan, bisa saja orang tanpa gejala Corona ini berada di lingkungan sekitar warga, karena itu diharap agar semua menjaga kesehatan dengan terus menerapkan hidup bersih dan sehat sesuai protokol Covid-19.

Dumai bersama 3 daerah di Provinsi Riau sudah ditetapkan masuk Zona Merah penularan transmisi lokal, diantaranya Pekanbaru, Dumai, Kampar dan Pelalawan.

“Bagi masyarakat keluar masuk akan dilakukan pemeriksaan dan masuk kategori orang dalam pemantauan, dan warga juga diimbau agar tidak mudik,” sebutnya.

Ditambahkan, Pemerintah Kota Dumai berencana dalam minggu akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan saat ini masih persiapan data bagi masyarakat yang berdampak Covid-19.

Dalam perjuangan bersama memerangi Covid-19 ini, diminta agar masyarakat untuk jujur terkait riwayat penyakit dan perjalanan, serta tetap di rumah, tidak mendekati kerumunan dan sering mencuci tangan dengan sabun.

“Mari beri dukungan kepada pasien positif dan jangan memberikan stigma negatif, bersama kita memutus mata rantai Covid-19,” sebutnya.

Data Covid-19 Kota Dumai per hari ini, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.227 orang, dalam pemantauan 592 orang, selesai pemantauan 635 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 37 orang, dalam perawatan 19 orang dan selesai perawatan 14 orang, terkonfimasi positif 8 orang.*** (arh)