BPOM Sebut Semua Obat untuk Covid-19 Masih dalam Uji Klinis

by -111 views
Ilustrasi Obat. Foto : Internet

JAKARTA – Anggota Komite Nasional Penilai Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Anwar Santoso mengatakan, hingga saat ini semua obat Covid-19 masih dalam proses uji klinis.

Dengan demikian, belum ada satu pun obat yang manjur dan aman untuk penyakit Covid-19.

“Beberapa uji klinis sedang dilaksanakan dan kemudian sudah dilakukan review oleh BPOM,” ujar Anwar dalam talkshow daring bersama Satgas Penanganan Covid-19 yang ditayangkan di YouTube BNPB, Selasa (18/8/2020).

“Dan sampai saat ini memang belum ada statement yang mengatakan bahwa ini ada obat yang manjur dan aman untuk Covid-19. Semua masih dalam fase uji klinis,” lanjut dia.

Anwar pun mengingatkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum membuat pernyataan resmi perihal obat Covid-19. Dengan begitu, hingga sekarang tidak ada obat yang disarankan secara spesifik oleh WHO.

WHO sendiri tidak mengatakan dalam satu statement resmi bahwa ada obat yang direkomendasikan atau aman. Namun, disampaikan bahwa semua statusnya uji klinis,” ujar Anwar.

Lebih lanjut, dia menambahkan, sebuah obat setidaknya harus memiliki dua hal sebelum dinyatakan sah untuk diedarkan dan lolos uji klinis. Pertama, ada manfaat (scientific value). Kedua, ada manfaat sosial (social value).

“Sehingga keselamatan, kesejahteraan, dan safety masyarakat bisa terjamin,” tambah Anwar.

[Kompas]