BERITA

Pemko Dumai Luncurkan OPLET SIPAI Bantu Masyarakat Rawat Jalan ke RS Pekanbaru

655
×

Pemko Dumai Luncurkan OPLET SIPAI Bantu Masyarakat Rawat Jalan ke RS Pekanbaru

Sebarkan artikel ini
Foto: Khidmat Kesehatan, Dinkes Dumai Luncurkan Program OPLET SIPAI

DUMAI – Pemko Dumai melalui Dinas Kesehatan luncurkan program Operasional Layanan Terpadu Transportasi Pekanbaru – Dumai atau OPLET SIPAI, Selasa (13/6/2023).

Acara yang digelar di kediaman Wali Kota Dumai Jalan Putri Tujuh Kota Dumai itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr. Syaiful, Wakil Direktur RSUD dr. Ferianto, Ketua TP PKK Hj. Leni Ramaini, Sekretaris Dinas Kesehatan dan undangan lainnya.

Dikutip dari Website Pemko Dumai, Ketua TP PKK Hj. Leni Ramaini menyambut baik diluncurkannya OPLET SIPAI yaitu transportasi rujukan rawat jalan yang melayani masyarakat Dumai ke dan dari Rumah Sakit di Pekanbaru.

“Kami melihat, OPLET SIPAI sebuah inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk mendukung program Khidmad Kesehatan,” kata Leni.

Lanjutnya, selaku ketua TP PKK, ia akan membantu mensosialisasikan keberadaan OPLET SIPAI melalui kader PKK di tingkat Kecamatan hingga Kelurahan sehingga masyarakat yang membutuhkan transportasi rujukan dari RSUD dan RS Pertamina ke RS di Pekanbaru secara gratis bisa langsung mendaftar di IGD RSUD.

Hj. Leni Ramaini berharap, apa yang menjadi tujuan di luncurkannya OPLET SIPAI dapat berjalan dengan baik, khususnya mensukseskan program Khidmat Kesehatan dan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Dumai.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Syaiful mengungkapkan, OPLET SIPAI diluncurkan untuk mendukung program Khidmat Kesehatan yang telah dicanangkan oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal.

“OPLET SIPAI untuk memberikan layanan berupa fasilitas transportasi rujukan rawat jalan dari Dumai ke RS di Pekanbaru secara gratis,” ungkap Syaiful.

Tujuan penggunaan layanan ini adalah pengangkutan pasien yang tidak memperlukan perawatan khusus atau tindakan darurat untuk menyelamatkan nyawa dan diperkirakan tidak akan timbul kegawatan selama dalam perjalanan.

Layanan OPLET SIPAI gratis hanya digunakan untuk antar jemput pasien yang sakit dari RSUD Kota Dumai ke RS di Pekanbaru.

Untuk menggunakan layanan ini, lanjut Syaiful, pasien atau keluarga pasien harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di tempat pendaftaran yaitu di IGD RSUD.

Persyaratan untuk menggunakan OPLET SIPAI yaitu, surat rujukan dari rumah sakit di kota Dumai ke rumah sakit di Pekanbaru.

“Bagi yang ingin memanfaatkan fasilitas OPLET SIPAI, pasien atau keluarga pasien terlebih dahulu harus memiliki surat rujukan, lalu mendaftar di tempat pendaftaran di IGD,” tutur Syaiful.

Setiap pasien didampingi maksimal oleh satu orang pendamping. Untuk jadwal keberangkatan dari Dumai Selasa Pukul 08.00 WIB dan jadwal kepulangan dari Pekanbaru Rabu pukul 15.00 WIB.

Tidak hanya itu, pasien yang membutuhkan transportasi di Pekanbaru, Pemko Dumai juga telah menyiapkan transportasi dan supir. Tempat menginap di Mess Pemko Dumai Jalan Rambutan Pekanbaru pun telah tersedia.

“Hari ini merupakan keberangkatan perdana OPLET SIPAI menuju Pekanbaru, ada 2 pasien rujukan yang diantar ke RS tujuan yaitu RS Arifin Ahmad di Pekanbaru,” pungkasnya.***

Editor: Redaksi