BERITA

Pawai Takbir Keliling Semarakkan Malam 1 Syawal 1445 H/2024 M Dumai Kota Idaman

424
×

Pawai Takbir Keliling Semarakkan Malam 1 Syawal 1445 H/2024 M Dumai Kota Idaman

Sebarkan artikel ini
Foto: Pawai Takbir Keliling Semarakkan Malam 1 Syawal 1445 H/2024 M Dumai Kota Idaman

DUMAI – Pawai Takbiran Keliling di malam Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah/2024 Masehi yang ditaja Pemerintah Kota Dumai berlangsung semarak dan sukses, Selasa (09/04/2024).

Walau sempat dilanda gerimis, tidak mengurangi kemeriahan malam takbiran di Dumai Kota Idaman.

Pawai takbiran kelilling dilepas langsung oleh Wali Kota Dumai H Paisal, SKM., MARS., dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan bersama unsur Forkopimda Kota Dumai, Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, H. Alfian, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dumai H. Zakaria.

Acara pelepasan dan pawai takbir keliling dipusatkan di ruas Jalan Putri Tujuh. Pawai dimulai dari depan Gedung Balai Sri Bunga Tanjung menuju Jalan Sultan Syarif Kasim, kemudian melewati Jalan Pangeran Diponegoro (Sukajadi), lanjut ke arah Jalan Raya Bukit Datuk, Jalan Jend. Sudirman dan berakhir di Dumai Islamic Center (DIC).

Disepanjang jalan, ribuan masyarakat Kota Dumai tampak antusias menyaksikan arak-arakan mobil hias. Tak sedikit pula warga mengikuti iring-iringan pawai menggunakan kendaraan bermotor. Tentunya rombongan pawai dikawal mantap pihak Polres Dumai melalui Satlantas.

Dalam keterangannya, Sekdako Dumai H. Indra Gunawan mengungkapkan bahwa malam takbiran ini diselenggarakan sebagai bentuk syiar bagi umat muslim yang merayakan hari kemenangan setelah menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadan.

“Alhamdulillah, tahun ini kita dapat melaksanakan kegiatan pawai takbir keliling dan dapat kita saksikan bersama pawai takbiran terlaksana dengan tertib, lancar dan aman dengan pengawalan dari pihak Polres Dumai,” ungkapnya.

Melalui kesempatan yang membahagiakan ini, ia turut menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Dumai terutama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda untuk senantiasa bersatu padu, seiya sekata dan bersinergi dengan pemerintah guna menyempurnakan masyarakat islami Idaman yang kini sedang perjuangkan.

“Mari kita pelihara ukhwuah islamiyah sesama umat dan senantiasa menjaga kerukunan hidup antar umat beragama dengan dilandasi oleh ikatan etika dan moral agama kita masing-masing. Dengan kebersamaan, inshaallah kita dapat membangun Kota Dumai ini kearah yang lebih baik,” pungkasnya.(diskominfo)