TEKNOLOGI

Nikuba, Alat yang Bisa ‘Sulap’ Air Jadi BBM buatan Warga Cirebon Unjuk Gigi di Italia

679
×

Nikuba, Alat yang Bisa ‘Sulap’ Air Jadi BBM buatan Warga Cirebon Unjuk Gigi di Italia

Sebarkan artikel ini
Nikuba Foto: Ony Syahroni/detikJabar

JAKARTA – Dalam keterangan resminya, TNI Angkatan Darat menyebut Nikuba mendapatkan atensi dari salah satu pabrikan otomotif di Eropa. Mulanya brand tersebut survei langsung ke Cirebon,

Dikutip dari detikoto, Inovasi alat pengubah air jadi bahan bakar buatan Aryanto Misel (67), warga Lemahabang Wetan, Cirebon, Jawa Barat dipamerkan di Italia.

Alat bernama Nikuba, akronim dari Niku Banyu atau berarti air itu disebut unjuk gigi di depan brand otomotif Eropa.

Tindak lanjut dari kunjungan tersebut, Nikuba mendapat kesempatan untuk dipresentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023 di Milan, Italia.

Tidak disebutkan brand Italia apa saja yang menyaksikan kerja Nikuba, namun diketahui beberapa produsen ternama negeri Pizza tersebut seperti Ferrari, Lamborghini, Aprilia dan Ducati.

“Tiba saatnya Nikuba sebagai alternatif solutif akan mencoba terbang untuk dipresentasikan pada dunia. Meski memerlukan proses, namun ide, tindakan, komitmen dan keyakinan terhadap Nikuba sebagai alternatif energi terbarukan dapat menjadi peluang di masa yang akan datang,” tutur Mayjen Kunto dalam keterangan resminya dikutip Senin (3/7).

Sepeda motor Babinsa Kodam III Siliwangi yang sudah beroperasi dengan Nikuba. Dari hal tersebut didapatkan data-data untuk terus dilakukan penyempurnaan terhadap inovasi tersebut.

Aryanto Misel pernah menjelaskan Nikuba buatannya memiliki fungsi memisahkan antara Hidrogen (H2) dan Oksigen (O2) yang terkandung dalam Air (H2O) melalui proses elektrolisis.

Hidrogen yang telah dihasilkan kemudian dialirkan ke ruang pembakaran kendaraan bermotor sebagai bahan bakar. Sementara Oksigennya akan kembali dielektrolisis menjadi Hidrogen dan dialirkan lagi ke ruang pembakaran kendaraan bermotor.

Hanya saja, kata Aryanto, Air yang bisa dikonversi menjadi Hidrogen untuk bahan bakar kendaraan bermotor melalui alat Nikuba adalah air yang sudah tidak memiliki kandungan logam berat.***

Editor: Redaksi