Satgas Perketat Pemeriksaan Dokumen Perjalanan Bebas Covid-19

by -148 views
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir. Foto : Mediacenter Riau
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir. Foto : Mediacenter Riau

PEKANBARU –¬†Untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang menggunakan dokumen perjalanan bebas Corona palsu di Riau, Satgas Covid-19 saat ini lebih memperketat pemeriksaan dokumen berupa surat keterangan rapid antigen terutama di bandara.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pemeriksaan dokumen syarat perjalanan khususnya di bandara selama ini dilakukan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Dengan adanya peristiwa tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi agar pemeriksaan lebih diperketat.

“Pemeriksaan dokumen syarat perjalanan seperti surat antigen negatif Covid-19 saat ini lebih diperketat lagi,” kata Mimi, Jumat (11/6/2021).

Terkait adanya penggunaan surat anti gen palsu tersebut, Mimi juga mengajak masyarakat untuk memahami makna penggunaan keterangan negatif Covid-19 sebagai syarat perjalanan tersebut.

“Keterangan tersebut juga untuk mengetahui kondisi pasien yang akan melakukan perjalanan benar-benar sehat,” ujarnya.

Selain itu, Mimi juga meminta kesadaran masyarakat dalam hal pentingnya pemeriksaan tersebut. Karena jika seandainya melakukan tes dan ternyata hasilnya positif, bisa langsung dilakukan pengobatan.

“Dengan begitu virus juga tidak menyebar keanggota keluarga yang lain, karena itu sekali lagi kesadaran masyarakat harus ada disini,” ujarnya.

(MC Riau)