Satgas Penanganan Covid-19 Dumai Imbau Masyarakat Disiplin Gunakan Masker

by -72 views

DUMAI – Satuan Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 Kota Dumai mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan pola 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna mencegah penularan Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai dr Syaful mengatakan saat ini Kota Dumai masih zona orange meskipun tren kasus positif sedikit menurun dari hari sebelumnya. Namun penambahan kasus tiap hari masih diangka belasan.

“Hari ini pandemi belum berakhir, masyarakat diminta untuk disiplin memakai masker, karena salah satu upaya yang paling murah, mudah dan efektif untuk mencegah penyebaran,” kata dr Syaiful, Selasa (17/11/2020)

Untuk itu, Syaiful menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker standar kesehatan. Pada saat ini menurutnya harga masker standar kesehatan cukup murah dan mudah didapat di toko modern, toko obat dan Apotek.

“Sekarang harga masker standar tidak mahal isi 5 helai cuma Rp10.000, harga itu lebih murah daripada rokok,” kata Syaiful.

Selain itu, dr Syaful juga tak bosan-bosan mengimbau masyarakat menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun. Hal ini yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Untuk itu, masyarakat diminta hindari kegiatan berkumpul dalam bentuk apapun. Masyarakat juga diminta bisa menahan keinginan mengadakan kegiatan berkumpul dalam waktu dua bulan kedepan, karena pemerintah saat ini sedang berusaha menyediakan vaksin untuk masyarakat.

“Dalam dua bulan ini mudah-mudahan dengan adanya vaksin dan memiliki hasil, kira-kira dapat menurunkan angka kejadian ini,” tutupnya.

Info tambahan, data Covid-19 Dumai pada Senin (16/11/2020), terdapat penambahan 3 kasus positif, yaitu pasien suspek dan menjalani isolasi mandiri. Kemudian pasien dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang.

Sehingga total akumulasi saat ini 1.384 kasus positif dengan rincian 989 orang sembuh, 370 orang dalam perawatan (342 orang isolasi mandiri, 28 orang rawat di RS) dan 25 orang meninggal dunia.

Seperti diketahui, jumlah kasus Covid-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 4M diantaranya Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menjauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun. Dengan melaksanakan kebiasaan 4M, kita turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun