PWI Riau Bersama BPDASHL Inrok Tanam 100 Bibit Cemara Pantai di Rupat

by -140 views

PULAU RUPATPersatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau bersama BPDASHL Indragiri Rokan (Inrok) menanam 100 bibit pohon cemara pantai di Pantai Pesona, Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (08/02/2021) pagi.

Kegiatan dalam rangkaian Hari Pers Nasional tahun 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-75 ini dalam rangka penghijauan (Go Green) di Pantai Pesona.

“Hari ini kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, karena kita bisa berkumpul bersama-sama di Pantai Pesona dalam rangka Go Green (Penghijauan) Pantai Pesona. Kita berharap kegiatan ini nanti bisa memotivasi kita semua dalam rangka penghijauan di kawasan ini. Kami (PWI Riau) dan BPDASHL Indragiri Rokan bersepakat menanam Bibit Pohon Cemara Pantai. Kenapa? Karena katanya Cemara Pantai ini besar manfaatnya untuk kawasan pantai. Antara lain bisa menghalangi abrasi dan memfilter air laut dan uapnya bisa membuat rasanya tidak asin. Tidak lagi payau dan bisa normal seperti biasa, kayak air-air yang dijual di Alfamart atau tempat-tempat biasa,” ujar Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang SSos saat menyampaikan sambutannya.

Giat penanaman bibit pohon cemara ini dihadiri langsung oleh Plt Kepala BPDASHL Inrok Afnan Dharma Putra SHut MSi, Kepala Seksi RHL Desmantoro SHut MSi, Staf Seksi Program DASHL Hotma Barina, Staf Seksi Evaluasi DASHL Bayu Dewanto SHut, Staf Seksi RHL Indra Wirawan AMd, Staf Subbag Tata Usaha Eka Sunardi, Kasubag Publikasi Biro Humas KLHK Firdaus SS MAP dan Staf Biro Humas KLHK Muhammad Ryan Sandria.

Selain itu, juga dihadiri Kepala Desa Rupat Utara Mansur, Kapolsek Rupat Utara AKP Dedy serta perwakilan dari Alfamart serta pengurus PWI Riau.

Dikesempatan itu, Zulmansyah menyampaikan terima kasih kepada BPDASHL Inrok yang telah memberi perhatian terhadap kegiatan PWI dan juga terhadap kawasan Pantai Pesona. Mudah-mudahan ini sukses. Karena PWI sudah banyak penghijauan.

“Dimana-mana kita sudah penghihauan. Dan kita sudah ada yang namanya Hutan Wartawan. Dan nanti dengan BPDASHL Inrok, kita juga buat kawasan hutan wartawan di Riau. Kawasan Hutan Wartawan Hebat namanya. Di kawasan itu nanti kita boleh bertanam. Lahannya sudah kita siapkan di dua lokasi di Pekanbaru. Dan kami berharap, apa yang kami lakukan ini dijaga oleh masyarakat di Rupat ini. Karena kami nanti, mungkin dua atau tiga tahun kembali lagi ke Rupat ini. Jadi ini kunjungan perdana dan mudah-mudahan kami kembali lagi,” tutur Zulmansyah seraya berharap kawasan Pantai Pesona ini supaya bisa segera ditata lagi. Kira-kira Desa Rupat ini punya aspirasi apa, silahkan sampaikan ke wartawan agar ditulis untuk diterbitkan di media. Dengan adanya tulisan wartawan ini, nanti pejabat akan mendengar dan mengetahui.

“Memang kata Pak Gubernur, beberapa waktu lalu Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah datang ke Rupat ini. Dan sudah ada rencana pembangunan untuk beberapa kawasan, tapi belum terealisasi sampai sekarang. Mudah-mudahan setelah kunjungan PWI bisa digulirkan,” sebut Zulmansyah.

Sementara itu, Plt Kepala BPDASHL Inrok Afnan Dharma Putra SHut MSi mengatakan, PWI Riau merupakan kali pertama untuk Memorandum of Understanding (MoU) mengadakan Hutan Komunitas.

“Kami sangat berbangga sekali karena PWI Riau sudah memulai melakukan penghijauan pertama. Dan kami sangat mensupport semua pihak, terutama PWI Riau untuk penghijauan ini,” ujar Afnan seraya menyampaikan, BPDASHL Inrok memiliki banyak jenis spesies tanaman untuk ditanam. PWI Riau silahkan ambil sebanyak-banyaknya bibit tanaman itu di Kantor BPDSAHL Inrok.

PWI Riau silahkan ambil bibit-bibit yang bagus, kami akan sediakan. Mudah-mudahan semuanya kami siapkan,” katanya. (rls)