Penggunaan Lahan DAS, Formasi Riau Bakal Gugat PT Musim Mas

by -284 views

PEKANBARU – Lembaga Anti Korupsi Forum Masyarakat Bersih (Formasi) Riau akan turun kelokasi PT Musim Mas, di Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. PT Musim Mas diduga telah menggarap Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai lahan perkebunan kelapa sawit.

Direktur Formasi Riau, DR Muhammd Nurul Huda SH MH mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinya akan menggugat PT Musim Mas terkait penggarapan lahan DAS menjadi perkebunan kelapa sawit.

“Kita menunggu waktu yang pas pak, Untuk lebih akurat laporan kita nanti kita sama-sama akan turun kelokasi PT Musim Mas,” Kata Huda. Jumat (28/2/2020)

Seperti dilaporkan warga Desa Talau, Pelalawan, Riau, bahwa PT Musim Mas terindikasi melanggar Undang-Unndang tentang kehutanan dimana sejumlah DAS dalam izin Hak Guna Usaha (HGU) PT Musim Mas dirambah dan dijadikan kebun. Namun sampai saat ini laporan warga selalu kandas ditengah jalan.

“Saatnya menjernihkan kembali aliran sungai, lestarikan ekosistem hutan, selamatkan kehidupan. Mari kita jaga Sungai untuk masa depan kehidupan. Jika sungai sudah rusak, berarti ada kehidupan yang sudah dirusak,” tutup Huda mengakhiri** (rls)