Pelindo Dumai Dukung Program Pengendalian Banjir Pemerintah

by -138 views

DUMAI – GM Pelindo I Dumai Jonedi Ramli menyebut sangat mendukung program pengendalian banjir pemerintah. Pihaknya dalam waktu dekat ini akan menggesa normalisasi saluran drainase di kawasan, serta akan membahas penambahan pintu air tembus laut di kawasan pelabuhan Dumai.

“Pendangkalan drainase menjadi salah satu variabel masalah banjir di kota Dumai, makanya kita akan segera melakukan normalisasi di seluruh drainase yang ada di kawasan pelabuhan. Kita sambut baik keinginan pemerintah agar menambah pintu air dalam kawasan. Tentu ini akan kita rencanakan” kata GM PT Pelindo 1 Cabang Dumai Jonedi Ramli mendampingi Wakil Walikota Dumai, Amris SSy saat meninjau kondisi drainase di kawasan Pelabuhan Dumai. Selasa (2/3/2021).

Dikatakan Jonedi pihak Pelindo siap bersinergi dengan pemerintah kota Dumai dalam menjalankan program penanganan banjir. Dia berharap kegiatan normalisasi tersebut akan mempercepat atau memperlancar pembuangan air ke laut.

Dijelaskan Jonedi, kawasan Pelabuhan Dumai terdapat tujuh saluran drainase tembus ke laut diantaranya terdapat di Jalan Pattimura, Jalan Tenaga, Jalan Kamboja, Jalan Teratai, Jalan Hang Tuah, Yos Sudarso dan Bea Cukai Dumai.

“Untuk di seluruh kawasan pelabuhan, kita upayakan seluruhnya (drainase, red) tidak ada yang tersumbat,” ujarnya.

Sebelumnya, saat meninjau kanal atau parit di areal Pelindo, Wakil Walikota Dumai Amris meminta manajemen Pelindo I membangun pintu air semua drainase di dalam kawasan dan membersihkan sampah penyumbat saluran air untuk pengendalian banjir.

Wawako Amris yang baru menjabat ini langsung turun lapangan melihat kondisi drainase di sepanjang Jalan Datuk Laksamana yang berhadapan dengan kawasan Pelindo, didampingi General Manager Pelindo I Dumai Jonedi Ramli dan jajaran, Selasa (02/03/2021).

“Fokus pembangunan kita pengendalian banjir dan persampahan, salah satu yang berada di kawasan Pelindo ini karena berhadapan langsung dengan permukiman. Kita minta agar Pelindo menata drainase nya dan menambah pintu air,” kata Amris.

Permukiman yang berada di Kecamatan Dumai Kota, lanjutnya, kerap menjadi langganan banjir, dan salah satu penyebab dampak dari drainase kurang optimal. Wawako juga mengapresiasi dukungan Pelindo Dumai dalam mengatasi masalah banjir di kota yang berpenduduk 300 ribu jiwa lebih ini.***