Layanan Internet Lelet, ASN Dumai Mengeluh

by -119 views
Ilustrasi Jaringan Fiber Optik. (Foto : Berita Cikarang)
Ilustrasi Jaringan Fiber Optik. (Foto : Berita Cikarang)

DUMAI – Layanan jaringan internet atau bandwith di salah satu organisasi perangkat daerah Pemerintah Kota Dumai yang dijalankan dinas komunikasi dan Informasi dikeluhkan karena tidak maksimal dan kerap lelet.

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas PUPR Dumai mengaku terpaksa memasang sendiri jaringan internet karena bandwith yang dijalankan Diskominfo dalam beberapa hari terakhir selalu lelet atau gangguan.

“Bandwith diskominfo sudah masuk, tapi sering lelet, makanya kami pasang sendiri dengan biaya Rp800 ribu sebulan,” kata ASN itu kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, penyediaan jaringan internet di lingkup kerjanya sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas, namun disaat akses wifi lelet tentu saja merugikan kinerjanya.

Meski harus bayar mahal, dia rela mengeluarkan uang dari kantong pribadi agar kinerja tidak terganggu dan setiap saat lancar tanpa terhambat akses wifi.

Kepala Bidang Layanan Infrastruktur E-Government Diskominfo Dumai Ulil Amri mengakui ada kendala dalam pelayanan bandwith di sejumlah OPD karena masih kekurangan beberapa peralatan pendukung.

Menurutnya, mesti ada penambahan peralatan untuk melayani jaringan internet di satuan kerja, dan saat ini sedang diupayakan.

“Kalau satu alat tidak bisa melayani satu kantor, makanya perlu alat pendukung tambahan,” kata Ulil baru ini ditemui wartawan baru ini.

Diketahui, Diskominfo Dumai mengadakan belanja bandwith jaringan internet domestik Rp1,035 miliar dan internasional Rp1,325 miliar kepada sekitar 37 OPD, 10 Puskesmas, kantor unit pelayanan teknis dan publik wifi. (tim)