Kapolda Riau Ajak Warga Dumai Jaga Kelestarian Hutan dan Lahan

by -279 views

DUMAI – Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam kunjungan kerja ke Polres Dumai mengajak warga untuk berpartisipasi menjaga kelestarian hutan dan lahan karena merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, Rabu (19/2/2020).

Wujud nyata menjaga kelestarian hutan dan lahan ini dilakukan Polda Riau dan jajaran dengan menggelar kegiatan iven Sumatera Jungle Run melalui Fun Run 5K, sekaligus promosi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Hutan adalah karunia bagi umat manusia yang keberadaan dan ekosistemnya harus terus dijaga dan dilestarikan. Melalui iven Sumatera Jungle Run 2020 ini mari kita buktikan masyarakat Riau mampu menjaga hutan dan lahan sebagai anugerah yang terbebas dari kebakaran,” kata Kapolda Agung pada pembukaan Fun Run 5K di Dumai.

Kunker Irjen Agung dilaksanakan sebagai penguatan tujuh program prioritas Kapolri, di antaranya, mewujudkan sumber daya manusia unggul, pemantapan harkamtibmas.

Kemudian, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisi, penataan kelembagaan dan penguatan pengawasan.

Dalam kegiatan Iven Sumatera Jungle Run 2020, Kapolda Riau hadir di tengah masyarakat Dumai untuk membangun sinergi positif dengan “Ayo Lari” adalah slogan untuk mengejar ketertinggalan, lari untuk meraih kesuksesan dan lari untuk menjadi manusia unggul.

“Sukses hanya untuk orang yang tetap semangat meskipun halangan dan rintangan berada di depan mata. Raihlah yang terdepan, selamat berlari,” sebut Kapolda saat melepas peserta Fun Run 2020.

Masih dalam kunker ini, Kapolda Riau juga melaksanakan ramah tamah bersama forum pimpinan daerah dan masyarakat Dumai, peresmian posko relawan karhutla, penyerahan bantuan pada posko relawan karhutla Wilayah Kecamatan Medang Kampai, berupa kaos, topi rimba dan tiga mesin pompa serta 100 jaket pelampung ke masyarakat wilayah pesisir.

Kegiatan kunker ditampilkan juga simulasi atau latihan penanganan karhutla dengan menggunakan drone guna memaksimalkan kinerja penegakan hukum oleh Polda Riau. Hadir juga Ketua Bhayangkari Cabang Dumai Tengku Fiola Andri Ananta, Wakapolres Dumai Kompol Alex Sandy Siregar dan sejumlah pejabat utama Polres Dumai

“Mari kita sukseskan bagaimana Riau 2020 bebas asap, dan saya sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih pada masyarakat Dumai yang turut menyukseskan iven ini,” ungkap Kapolda Riau Irjen Agung. (arh)