IKMR Dumai Bersama TNI Polri Bagikan Masker dan Semprot Disinfektan

by -328 views

DUMAI – Sebagai bentuk kepedulian dan langkah untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19 di wilayah Kecamatan Dumai Selatan, Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai bersama TNI, Polri melakukan penyemprotan cairan disinfektan sekaligus membagikan masker ke rumah warga.

Dalam giat tersebut selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian masker, tim juga memberikan imbauan pentingnya menggunakan masker setiap keluar rumah. Hal ini juga dilakukan dalam rangka mendukung langkah pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Dumai.

Tim yang dibekali 2.000 masker dan 14 alat semprot disinfektan melakukan pembagian dan penyemprotan cairan yang dipusatkan di RT 007 Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan, tepatnya di lingkungan Gedung Sekretariat Bersama IKMR, IPMR dan IWMR Kota Dumai yang sedang dibangun.

Ketua IKMR Kota Dumai, Amrizal SH mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa kepedulian serta ajakan kepada masyarakat untuk memproteksi diri sebagai antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran Badan Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) mengubah kebijakan dan kini mendukung penggunaan masker untuk semua orang di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

“Pihaknya juga melakukan kegiatan imbauan dan informasi terus kepada warga, terutama mereka yang terpaksa masih bekerja di luar rumah, agar terus menggunakan masker. Saat ini masker wajib digunakan setiap warga, tidak hanya yang sakit, namun yang sehat juga perlu pakai,” kata Ketua IKMR Kota Dumai, Amrizal SH, Ahad (12/4/2020).

Amrizal mengajak masyarakat selalu memerhatikan kesehatan dan kebersihan dengan sering cuci tangan, menggunakan handsanitizer, menggunakan masker dan yang lebih penting kurangi bepergian dan berkumpul kumpul.

“Karna kita menghadapi wabah yang tidak nampak kasat mata, jaga jarak aman sesuai yang sudah ditentukan, bila ada indikasi Covid-19, segera merujuk kepada puskesmas terdekat dan atau ke RS Rujukan Covid-19 yang telah ditunjuk pemerintah melalu Dinkes,” katanya.

Sementara itu, Camat Dumai Selatan, Yuda Pratama Putra mengatakan ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai anjuran pemerintah dan Badan Kesehatan Dunia WHO.

“Semoga hal ini dapat membantu dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara memberi masker sesuai saran WHO dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan,” kata Camat Dumai Selatan, Yuda Pratama Putra, saat hadiri penyemprotan cairan desinfektan dan pembagian masker ke rumah-rumah warga.

Giat dihadiri Ketua IKMR Amrizal SH, Camat Dumai Selatan Yuda Pratama Putra, Lurah Ratu Sima Enda Zulhendi, Kabagren Polres Dumai Kompol Syafruddin, Pasi Ops Kodim 0320 Dumai Letnan Satu (Inf) Syuar Hendri, Kaban Kesbangpol Eko Wardoyo.

Kemudian, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Muhammad Saddam, Anggota DPRD Dumai Hasizal, Sekretaris KONI Dumai Ujang Said, Ketua LPMK Ratu Sima Rahimi, RT 007 Ratu Sima Hamidah, dan Personil TNI Polri.