Cari Solusi Soal Lahan Konsesi, Wako Dumai Temui Komnas HAM

by -182 views

DUMAIWalikota Dumai Paisal temui Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Ahmad Taufan Damanik di Jakarta Pusat, guna berkoordinasi terkait penyelesaian persoalan hak pakai tanah atau konsesi PT CPI.

Diketahui bahwa tanah konsesi CPI tersebar di sejumlah kelurahan Dumai diduduki masyarakat dengan mendirikan bangunan permanen, dan penyelesaian persoalan tanah penguasaan Chevron ini menjadi prioritas Walikota Paisal dan Wakil Walikota Amris dalam kepemimpinan di Dumai.

Kunjungan ke Komnas HAM kali ini lanjutan dari audiensi sebelumnya yang dilakukan Wakil Walikota Dumai Amris bersama bagian pertanahan pada (26/3/2021) lalu terkait tindak lanjut penyelesaian permasalahan hak pakai tanah konsesi PT CPI Dumai yang telah diproses sebelumnya.

Dari kunjungan itu diperoleh informasi bahwa penyelesaian lahan konsesi harus melalui peraturan Presiden yang akan disusun secara lengkap dan menyeluruh dengan pihak terkait, yaitu, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, SKK Migas, Komnas HAM, Pemprov Riau, Pemkot Dumai, DPRD dan PT CPI.

“Alhamdulillah kami disambut langsung Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, dan langkah selanjutnya akan difasilitasi oleh Komnas HAM untuk bersama-sama ke Menko Kemaritiman dan Investasi untuk penyusunan Perpres dimaksud,” kata Walikota Paisal, Kamis.

Dijelaskan, penyusunan Perpres ini harus segera digesa sebagai payung hukum bagi penyelesaian permasalahan lahan konsesi, sehingga Pemerintah Kota Dumai dan PT CPI mendapat kejelasan atas hak pakai tanah tersebut.

Ketua Komnas HAM, lanjutnya, menyampaikan beberapa hal teknis yang perlu dikoordinasikan segera, yaitu Pemkot Dumai harus melakukan koordinasi ke Kantor Staf Presiden melalui Deputi II dalam rangka percepatan penyelesaian konflik agraria.

Kemudian, harus segera berkoordinasi secara teknis kepada Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Kementerian ATR/BPN. Disamping itu juga mempersiapkan seluruh hal-hal teknis lain, terkait data dan dokumen pendukung agar bisa diproses sesuai aturan dan perundangan berlaku.

“Tetap semangat karena hari ini bukan saatnya kita pasrah lalu menyerah, hari ini waktunya kita berjuang untuk masa depan yang lebih baik,” demikian Paisal.

Ikut hadir mendampingi Walikota Dumai Paisal kunjungan ke Komnas HAM, yaitu Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Farid Mufarizal dan Kabag Umum Zulfahmi.