Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat Bantu Warga Korban Kebakaran di Kotabaru

by -361 views

KOTABARUKebakaran hebat melanda ratusan rumah di pemukiman padat penduduk di jalan Patmaraga, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, api pertama kali terlihat pada Jumat (30/10/2020) sekitar 02.30 wita dari salah satu rumah warga, kebakaran yang terjadi dipemukiman padat penduduk itu menghanguskan sekitar 150 rumah dengan 505 jiwa yang terdampak kebakaran terpaksa mengungsi

Para Pengusaha Kawasan Berikat melalui asosiasi nya APKB, prihatin dan turut merasakan penderitaan masyarakat yang terdampak musibah kebakaran. Sebuah kegiatan amal dilakukan untuk membantu meringankan beban warga Patmaraga, Kotabaru, KalSel.

Pada kesempatan kali ini APKB wilayah Sumatra dan Kalimantan bekerjasama dengan Asosiasi Sepak Bola (PSSI) Kota Baru dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), berkontribusi memberikan donasi berupa uang tunai untuk fase pemulihan, diantaranya program pendampingan pendidikan anak-anak keluarga korban, dan lain sebagainya.

Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB), berkantor pusat di Jalan Belitung No. 4, Bandung. APKB merupakan Organisasi nirlaba yang berdiri sendiri, tidak bersifat komersial, tidak bergerak dalam bidang politik dan merupakan wadah tempat berhimpunnya seluruh perusahaan/pengusaha yang berstatus Penyelenggara Kawasan Berikat (PKB) atau Pengusaha Di Kawasan Berikat (PDKB), didirikan di Bandung pada tanggal 21 Mei 2002 dengan akte Notaris Nomor 12 tertanggal 16 Juli 2003.

Anggota APKB saat ini sudah hampir 500 perusahaan yang tersebar di banyak wilayah Indonesia diantaranya Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DI Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatra Utara, Riau, Lampung, Makasar dan Kalimantan dan sudah memiliki Ketua pada 19 Wilayah dan Cabang diseluruh indonesia

Ketua Umum APKB, Ade R Sudrajat didampingi Ketua APKB Wilayah Sumatera Kalimantan mengatakan bahwa, disaat kondisi dengan segala keterbatasan seperti masa pandemi Covid-19 ini, semua pihak diharapkan bisa saling membantu dan saling memberi manfaat untuk sesama.

Serah terima bantuan diserahkan langsung di lokasi kebakaran pada Selasa (25/11/2020) oleh Sekretaris APKB Wilayah Sumatera dan Kalimantan, Syamsul Bahri, yang dihadiri oleh Askab PSSI dan MRI Kotabaru.

Sementara itu, Ulun Hamas Al Qosam (Ketua MRI Kotabaru) dan Askab PSSI Kotabaru menyampaikan apresiasi kepada APKB atas atensi dan bantuan terhadap korban kebakaran

“Kami berterimakasih, karena dengan bantuan ini akan membantu meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi sesama, serta dapat meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, aamiin YRA,” kata Ulun Hamas.