163 WNI Asal Malaysia Tiba Di Dumai Hari Ini, BPTD IV Riau Kepri Siapkan 4 Unit Bus

by -628 views

DUMAI – Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau Provinsi kepulauan Riau (BPTD IV Riau-Kepri) siapkan 4 unit bus untuk memfasilitasi kepulangan WNI asal Malaysia yang datang melalui Pelabuhan Pelindo I Dumai.

Kesiapan ini diungkapkan Kasi LLAJ BPTD IV Riau-Kepri, Efrimon, usai memastikan kesiapan kendaraan angkut tersebut di Terminal Tipe A Dumai.

“Kami Informasi awal yang kami peroleh dari manifest penumpang, ada 164 orang WNI yang akan datang hari ini, ternyata ada 12 orang tujuan Sumbar tak jadi berangkat, total seluruhnya 163 orang,” kata Efrimon, Rabu (22/4/2020).

Sesuai dengan tugas yang diberikan Komando Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, BPTD IV Riau-Kepri bertanggungjawab untuk memfasilitasi pemulangan WNI untuk tujuan diluar Provinsi Riau.

“Sejauh ini kami mencatat ada sekitar 146 orang WNI yang akan kami pulangkan ke sejumlah provinsi, seperti Sumbar, Sumut, Jambi, Lampung dan Jawa Timur, untuk itu kami sudah siapkan 4 unit bus,” kata Efrimon.

Untuk memastikan kondisi kendaraan, sesuai dengan SOP Kementerian Perhubungan, petugas Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) BPTD IV telang melaksanakan rampcheck terhadap semua kendaraan tersebut, dan dinyatakan siap.

Juga dijelaskan Efrimon, satu orang WNI tujuan Jombang, Jawa Timur akan difasilitasi dengan menggunakan angkutan udara melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Rincian yang disampaikan kepada Madaniy, sebanyak 14 orang WNI tujuan Riau, 99 orang WNI menujua Sumbar, 27 orang WNI menuju Sumut, 17 orang ke Jambi, 2 orang ke Lampung dan 1 Jombang Jawa Timur.

Memang, setelah ditutup dalam beberapa waktu sejak Malaysia menetapkan Lockdown, akhirnya hari ini Pelabuhan Pelindo Dumai dibuka namun hanya untuk kepulangan WNI asal Negeri Jiran tersebut.

“Diperkirakan masih 3.000an lagi WNI di Malaysia yang akan kembali ke tanah air, kami dari BPTD IV siap untuk melaksanakan tugas ini,” tegas Efrimon.*** (rls)