BERITA

Kelurahan Laksamana Dumai Peluang Juara di Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional

511
×

Kelurahan Laksamana Dumai Peluang Juara di Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional

Sebarkan artikel ini
dok Diskominfo

JAKARTA – Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, salah satu kelurahan yang ditetapkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai salah satu calon juara Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) utusan Tingkat Regional I (Sumatera) tahun 2023.

Penetapan tersebut berdasar surat pengumuman Nomor 1834/Peng/DIT.V/VIII/2023, tentang Penetapan Hasil Penilaian Pleno Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional Tahun 2023, setelah melewati tahap penilaian dan pleno klarifikasi lapangan sesuai standar instrumen disepakati.

Surat pengumuman 3 (tiga) Desa dan 3 (tiga) Kelurahan di setiap regional, guna mengikuti tahapan pemaparan Calon Juara Penjaringan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023, di Gedung C Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Jalan Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan, Kamis (10/8).

Dalam proses penilaian, Lurah Laksamana, Sutino paparkan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai Kelurahan Laksamana dihadapan Tim Penilai, diantaranya Prof. DR. Chandra Wijaya, M.Si., selaku Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia, Prof. DR. Ir. M. Parulian Hutagaol, M.Sc., dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Amilin, SE.Ak,, CA., QIA., NKP., CRMP., seorang Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan DR. Luthfi Muta’ali, S.Si., M.Sp., dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Usai pemaparan, Sutino ungkapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Dumai dan Pemerintah Provinsi Riau yang telah mendukung dan memberi bimbingan untuk Kelurahan Laksamana.

“Berkat usaha dan dukungan kita semua, Kelurahan Laksamana kini tinggal selangkah lagi meraih juara tingkat nasional,” ujarnya.

Mendengar kabar baik ini, Wali Kota Dumai H. Paisal mengajak kepada segenap masyarakat Kota Dumai, khususnya di Kelurahan Laksamana, serta masyarakat Riau secara keseluruhan untuk mendoakan Kelurahan Laksamana agar bisa meraih hasil terbaik.

“Alhamdulillah, ikhtiar telah dilakukan. Sekarang tinggal doa terbaik dari semuanya agar Kelurahan Laksamana, satu-satunya utusan Provinsi Riau bisa meraih juara dalam ajang Lomdeskel tahun 2023 ini,” kata Wako.

Namun, terlepas menjadi pemenang atau tidak, H. Paisal berharap Pemerintahan Kelurahan Laksamana untuk terus berkhidmat dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat sesuai tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien.

“Sampai ke tahap ini sudah menjadi hal yang luar biasa. Harapan kami, ini menjadi motivasi bagi seluruh kelurahan yang ada di Kota Dumai. Untuk Kelurahan Laksamana sendiri, terus optimalkan usaha pembangunan dan evaluasi pelayanan agar tercapai peningkatan kualitas hidup masyarakat di segala aspek, khususnya sosial dan ekonomi,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tahapan pemaparan calon juara Lomdeskel, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa (PMD) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar, S.Sos., M.Si., Asisten I Setdako Dumai, H. Yusrizal, S.Sos., M.Si., Asisten II Setdako Dumai Syahrinaldi Ucok.

Turut serta dalam pemaparan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Dumai, drg. Hermiyati, Camat Dumai Kota, Indra Safawi, S.Sos., M. Si., Ketua TP PKK Kelurahan Laksamana, Ny. Marwiyah, dan Perwakilan LPM Kecamatan Dumai Kota, Sumiati.(Diskominfo)