TRAVEL

Kejar Ayam yang Kabur, Pria ini Malah Nemu Terowongan Bawah Tanah

604
×

Kejar Ayam yang Kabur, Pria ini Malah Nemu Terowongan Bawah Tanah

Sebarkan artikel ini
Derinkiyu (AFP via Getty Images/OMAR HAJ KADOUR)

CAPPADOCIA – Seorang warga Turki mendapat pengalaman luar biasa gara-gara ternaknya. Penemuan besar dia alami hanya karena seekor ayam.

Dilansir dari New York Post, Penemuan akan situs-situs kuno biasanya dilakukan oleh para arkeolog. Tapi bagaimana kalau yang menemukan hanya seorang warga yang sedang mengejar ternak?

Awalnya, pria yang tak disebutkan namanya itu sedang mengejar ayamnya yang kabur. Ayam ini berlarian ke sana kemari dan membuat si pemilik pusing.

Sekeliling rumah telah dijalani si ayam, terakhir ia masuk ke dalam rumah. Sedikit informasi, beberapa rumah di Turki masih memiliki ruang bawah tanah.

Dikutip dari detikTravel, si ayam merasa terpojok dalam ruang bawah tanah. Secercah harapan muncul ketika ia melihat sebuah lubang dan masuk ke sana.

Pemilik rumah tak kehilangan akal, dia pun membawa seperangkat alat untuk merubuhkan tembok ruang bawah tanah yang sudah dibangun pada tahun 1960-an tersebut.

Begitu tembok rubuh, betapa terkejutnya si pemilik rumah dengan apa yang dilihatnya. Ada sebuah terowongan panjang di balik tembok ruang bawah tanahnya.

Ia kemudian melapor pada petugas berwajib. Setelah ditelusuri, terowongan itu mengarah pada kota kuno Derinkuyu! Derinkuyu adalah kota galian terbesar dunia yang sudah masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO.

Derinkuyu sendiri terkubur lebih dari 280 kaki di bawah wilayah Anatolia Tengah di Cappadocia dan diperkirakan dibangun pada 370 SM. Kota bawah tanah ini diyakini terhubung ke lebih dari 200 kota bawah tanah terpisah di Turki.

Kota ini dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian warga atau bunker saat terjadi invasi.

Ayam berhasil ditangkap oleh pemiliknya. Berkat si ayam, Turki menemukan satu lagi situs berharganya.***

Editor: Redaksi