OLAHRAGA

Erling Haaland Jadi Top Skor Liga Champions 2022/2023

576
×

Erling Haaland Jadi Top Skor Liga Champions 2022/2023

Sebarkan artikel ini
Striker Manchester City Erling Haaland menjadi top skor Liga Champions 2022/2023. (Foto: REUTERS/MATTHEW CHILDS)

ISTANBUL – Erling Haaland semakin mengilapkan musim debutnya di Manchester City. Haaland menyabet gelar top skor Liga Champions untuk kedua kali di dalam kariernya.

Man City baru saja memastikan diri sebagai juara Liga Champions lewat kemenangan 1-0 atas Inter Milan pada final di Istanbul, Minggu (11/6) dinihari WIB. Di pertandingan itu Haaland tidak mencetak gol, melainkan Rodri yang menjadi penentu dengan golnya di babak kedua.

Meski demikian, Haaland tetap berhak atas gelar top skor setelah mengemas 12 gol untuk Man City dalam 11 penampilan. Haaland unggul jauh dari rival terdekatnya, Mohamed Salah (Liverpool) yang mencetak delapan gol tapi sudah tersingkir di babak 16 besar.

Bomber muda Norwegia itu menjadi top skor Liga Champions lagi setelah yang pertama pada 2020/2021. Ketika itu Erling Haaland mencetak 10 gol untuk Borussia Dortmund meski hanya sampai perempatfinal.

Haaland secara keseluruhan telah membukukan 52 gol dalam 53 penampilan untuk Manchester City sejak dibeli dari Dortmund pada musim panas lalu. Pemain berusia 22 tahun ini menjadi salah satu pemain terpenting Man City dalam memenangi treble di musim ini.

“Ini luar biasa. Di dalam mimpi terliarku sekali pun, terus terang, aku tidak akan pernah memikirkan hal ini sebagai diriku yang berusia 22 tahun,” cetus Haaland di laman resmi klub.

“Namun, itu menunjukkan bahwa ini memungkinkan untuk seseorang dari sebuah kota kecil di Norwegia. Ini juga memberikan, kurasa, motivasi untuk anak-anak muda yang berada dalam situasi yang sama denganku yang menyukai bermain sepakbola di dalam gedung di kampung halamanku.”

Daftar Pencetak Gol Liga Champions 2022/2023

1. Erling Haaland (Man City) 12 gol
2. Mohamed Salah (Liverpool) 8 gol
3. Kylian Mbappe (PSG) 7 gol
4. Vinicius Junior (Real Madrid) 7 gol
5. Joao Mario (Benfica) 6 gol
6. Taremi (Porto) 5 gol
7. Rodrygo (Real Madrid) 5 gol
8. Rafa Silva (Benfica) 5 gol9.
9. Robert Lewandowski (Barcelona) 5 gol
10. Victor Oshimhen (Napoli) 5 gol

Sumber: detik.com