BERITA

Dukung Misi Bupati, Dinas Pertanian Rohil Terus Laksanakan Berbagai Program

680
×

Dukung Misi Bupati, Dinas Pertanian Rohil Terus Laksanakan Berbagai Program

Sebarkan artikel ini

ROHIL – Memajukan sektor ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal seperti sektor pertanian merupakan salah satu yang tercantum dalam misi Afrizal Sintong SIP sejak memimpin sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Untuk mewujudkan misi tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong melalui Dinas Pertaniam yang saat ini dipimpin Dedi Rustiadi telah berupaya melaksanakan berbagai program di bidang pertanian baik padi maupun lainnya.

Kadis Pertanian Rohil Dedi Rustiadi saat ditemui Senin (7/2/2023) menyebutkan, ditahun 2023 ini, swasembada pangan merupakan program Nasional yang dicanangkan Presiden melalui Kementerian Pertanian.

Beras kata Dedi, masih menjadi sumber makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Kementerian Pertanian menargetkan konsumsi beras turun ke posisi 85 kg per kapita per tahun serta mewujudkan swasembada beras tanpa impor.

Sehingga lanjutnya, pemerintah terus mendorong agar program diversifikasi pangan dapat kembali digalakkan sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di negara ini.

“Untuk Kabupaten Rohil sendiri kita terus berupaya melaksanakan berbagai program dalam meningkatkan dan memperluas lahan pertanian baik padi maupun lainnya, ” terang Dedi.

Dalam mensukseskan swasembada pangan itu sebutnya, tentunya sinkronisasi antara pemerintah pusat, provinsi hingga daerah harus dilaksanakan terlebih dahulu. Apalagi katanya, swasembada pangan tersebut bukan hanya dilakukan oleh pemerintah daerah saja. Namun juga oleh pihak TNI maupun Polri.

“Kita juga secara aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada para petani melalui penyuluh pertanian yang ada di seluruh Kecamatan, ” jelasnya.

Kabupaten Rohil tambah Dedi, saat ini memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan tersebar di beberapa Kecamatan. Bahkan, hasil panen padi nya juga tergolong tinggi dan berkualitas.

Pemkab Rohil melalui Dinas Pertanian sebutnya, juga berkomitmen menjadi lumbung pangan di Provinsi Riau. Pembangunan bidang pertanian menjadi perhatian khusus Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rohil baik itu kegiatan dari Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Riau dan kegiatan yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir.

“Pembangunan dan kegiatan pertanian bidang tanaman pangan terus digesa untuk meningkatkan ketersediaan pangan dan kemandirian pangan serta meningkatkan produktivitas pertanian,” terangnya.

Dedi menambahkan, untuk mendukung peningkatan hasil pertanian itu sendiri, pihaknya bukan hanya fokus pada pendampingan dan pembinaan. Namun juga mengupayakan infrastruktur pendukung seperti pengairan dan jalan menuju lahan pertanian.

Selain itu tambahnya lagi, sinergitas antara Pemerintah Daerah bersama TNI, Polri dan berbagai instansi lainnya juga terus dilakukan. Hal ini katanya, bertujuan untuk menyamakan dan menyatukan program ketahanan pangan sehingga swasembada pangan dapat tercapai.

“Kita juga mengajak petani dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada disekitar rumah untuk ditanami yang sifatnya kebutuhan sehari-hari. Selain itu kita terus berupaya meningkatkan produksi pertanian yang ada di Rohil. Semoga kedepan swasembada pangan dapat kita capai,” pungkasnya.